Merabak nya virus COVID-19 di Indonesia, membuat masyarakat berlomba-lomba untuk mempertahankan diri agar terhindar dari virus tersebut. Salah satu nya adalah mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain susu jahe ternyata susu kunyit bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh lho Beauty! Dan tentunya dengan imunitas tubuh yang kuat, pasti akan terhindar dari paparan virus, termasuk virus COVID-19 ini. 

Orang Indonesia rasanya kurang familiar dengan susu kunyit karena biasanya rempah ini diolah menjadi jamu. Berasal dari India, susu kunyit kini sedang digandrungi banyak orang. Selain rasanya yang lezat, banyaknya manfaat yang ada dalam kunyit membuat orang-orang memburu minuman berwarna kuning terang ini. 

Baca Juga: Ternyata, Sup Ayam Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Lho!

Baca Juga: Katanya Sup Ayam Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh? Begini Cara Membuatnya!

Merangkum berbagai penelitian yang dilansir dari laman Health Line, berikut adalah sejumlah manfaat susu kunyit untuk kesehatan:

Memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur

Di India, susu kunyit sering digunakan sebagai obat pilek. Salah satu kandungan dari kayu manis cinnamaldehuyde bersifat antibakteri. Kemudian, curcumin pada kunyit serta jahe yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semakin kuat pertahanan tubuh terhadap penyakit, semakin susah celah bagi virus, bakteri, atau jamur untuk menimbulkan infeksi lebih parah, sehingga tubuh jadi lebih cepat pulih.

Meningkatkan kesehatan otak

Studi menunjukkan bahwa curcumin dapat meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah senyawa yang berperan dalam pembentukan sel-sel baru di otak. Tingkat BDNF yang rendah sering kali dikaitkan dengan berbagai gangguan otak, salah satunya penyakit Alzheimer.

Untuk itu, ada potensi dari susu kunyit untuk meningkatkan kesehatan otak sekaligus menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Apalagi rempah tambahan dari susu kunyit, seperti jahe atau kayu manis juga memiliki senyawa curcumin.

Baca Juga: Ternyata Ini Lho, Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Memperbaiki mood

Sebuah penelitian meminta 60 orang pengidap depresi yang terbagi dalam 3 kelompok untuk minum curcumin, obat antidepresan, dan kombinasi keduanya selama 6 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang minum kombinasi susu kunyit dan obat antidepresan mengalami peningkatan suasana hati yang lebih baik. Perubahan suasana hati yang lebih baik ini tentu membuat gejala depresi akan berkurang.

Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Baca Juga: Jamu Penangkal Corona: Ini Khasiat Jahe, Temulawak, dan Kunyit yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Ini 5 Jenis Gangguan Menstruasi yang Enggak Boleh Kamu Abaikan!

Jika Anda membuat susu kunyit tanpa tambahan pemanis, maka manfaat susu kunyit ini bisa Anda dapatkan. Kunyit, jahe, dan kayu manis dari susu kunyit dapat mengurangi jumlah glukosa yang diserap di dalam usus setelah Anda makan sehingga gula darah akan lebih terkontrol.