Beauty, apakah kamu salah satu orang yang mengonsumsi suplemen vitamin? Di tengah pandemi virus corona yang menyerang dunia, masyarakat berbondong-bondong membeli suplemen vitamin. Meskipun sudah mengonsumsi makanan yang sehat, ternyata itu saja masih belum cukup.

Ternyata selain membantu untuk jaga stamina tubuh, ada juga sebagian orang yang mengonsumsi suplemen vitamin untuk kecantikan kulit lho! Ada beberapa merek terkenal yang mengeluarkan suplemen khusus untuk kulit, salah satunya milik beauty vlogger, Tati Westbrook yang berlabel Halo Beauty yang sempat hits pada tahun lalu. Eits, tapi sebenarnya seberapa efektif sih kegunaannya untuk kesehatan kulit? Simak terus artikel berikut ya untuk dapatkan jawabannya!

Baca Juga: Skincare Anti Polusi Dianggap Bisa Atasi Semua Masalah Kulit, Ini Tanggapan Ahli

"Suplemen kecantikan pada dasarnya berganti nama menjadi multivitamin. Kebanyakan orang mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dari makanan, dan tidak kekurangan vitamin, suplemen tidak memperbaiki kulit orang yang sehat," kata dokter kulit, Hadley King.

King juga memperingatkan kemungkinan efek samping. Ia mengatakan bahwa vitamin yang larut dalam lemak dapat menumpuk di hati dan menyebabkan kerusakan hati. Selain itu, beberapa ilmuwan percaya bahwa antioksidan dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko kanker.

Senada dengan King, David Lortscher, dokter kulit dan pendiri Curology, setuju bahwa makanan sehat adalah pilihan terbaik jika ingin memiliki kulit yang bebas masalah. Bahkan ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen tanpa resep dari dokter.

Baca Juga: Dear Beauty, Yuk! Konsumsi 3 Vitamin Ini untuk Tingkatkan Imun Tubuh

“Suplemen tidak diperlukan untuk mencapai kulit yang sehat. Nasihat yang paling konservatif adalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang bermanfaat dari makanan yang sehat. Saya juga memperingatkan masalah keamanan terkait vitamin dan suplemen dosis tinggi, dan efek samping mengonsumsi obat tersebut tanpa resep obat," tambahnya.

Terlepas dari itu semua, menurut King ada beberapa manfaat potensial dari suplemen, tergantung pada individu dan apakah suplemen tersebut memiliki kandungan yang bermanfaat di dalamnya.

“Tidak ada dari kita yang mengonsumsi makanan sehat dan lengkap setiap hari bahkan ketika kita melakukannya, kita mungkin tidak menyerap semua nutrisi, terutama seiring bertambahnya usia. Tetapi pada akhirnya, saya merekomendasikan jika ingin mengonsumsi suplemen, coba diskusikan dengan doktermu dan menguji kadar darah untuk memeriksa defisiensi terlebih dahulu," tambahnya.