Penyakit GERD atau gastroesphageal refluxdisease adalah penyakit umum yang sering dialami baik pria maupun wanita. Biasanya terjadi karena mengonsumsi makanan yangbterlalu pedas dan asam.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki penyakit GERD sebaiknya mengindari makanan yang terlalu pedas dan asam. Bagi kamu pecinta kedua makanan itu mungkin ini sebuah tantangan yang sulit, tetapi kamu harus bisa mengontrolnya agar tetap hidup sehat.

Dalam istilah awam, GERD juga dikenal sebagai penyakit maag atau asam lambung. Penyakit yang menyerang lambung ini bisa diatasi dengan menjaga pola makan. Jika kamu terlalu sering makan sembarangan, GERD bisa menyebabkan komplikasi sehingga sangat berbahaya bagi tubuh.

Komplikasi yang muncul akibat GERD disebabkan oleh asam lambung atau isi lambung naik. Hal ini dapat menyebabkan luka pada dinding dan kerongkongan sehingga bisa ternjadi penyakit Barret’s yang merupakan lesi pra kanker.

Selain itu, GERD juga bisa menimbulkan penyakit lainnya. Adapun penyakit yang bisa ditumbulkan karena GERD yaitu gangguan saluran pencernaan, erosi dental, faringitis kronis, sinusitis, laringitis, asma, fibrosis, dan paru idiopatik.

Dilansir dari berbagai sumber (03/03/2021), berikut makanan yang harus kamu hindari bagi penderita GERD. 

Baca Juga: Bukan Cuma Maag, GERD Juga Jadi Penyakit yang Diidap Banyak Orang, Sudah Tahu Belum?