Menu

Bye Bye BAB Keras dan Sakit! Ini Makanan yang Bisa Atasi Masalah Pencernaan, Bikin Nyaman Seharian!

16 Januari 2024 14:55 WIB
Bye Bye BAB Keras dan Sakit! Ini Makanan yang Bisa Atasi Masalah Pencernaan, Bikin Nyaman Seharian!

Ilustrasi buang air kecil. (Freepik/kuprevich)

HerStory, Jakarta —

Pencernaan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan dan kesejahteraan tubuh. Itulah mengapa kesehatan penceraan hrus dijaga agar aktivitas sehari-hari jadi nyaman.

Kondisi tinja yang keras atau sembelit bisa menjadi tanda masalah pencernaan lho Beauty!

Dilansir dari sindikasi konten akurat.co, berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan konsistensi tinja menjadi keras dan memberikan tips tentang bagaimana cara mengatasinya.

Kurangnya Serat dalam Diet: Makanan rendah serat dapat menjadi salah satu penyebab utama tinja keras. Serat membantu mempertahankan kelembapan tinja, memperlancar gerakan usus, dan mencegah sembelit. Makanan yang tinggi serat meliputi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Kekurangan Cairan: Minum air yang cukup penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kurangnya asupan cairan dapat membuat tinja lebih kering dan sulit untuk dikeluarkan. Pastikan untuk mengonsumsi jumlah air yang cukup setiap hari.

Konsumsi Tinggi Protein Hewan: Diet tinggi protein hewan, khususnya dari daging merah, dapat menyebabkan tinja lebih keras. Seimbangkan konsumsi protein hewan dengan protein nabati untuk meningkatkan asupan serat.

Baca Juga: Sehat dan Lezat, Ini Resep Oseng Brokoli Seafood Tofu yang Bikin Nafsu Makan Meroket! Mau Coba?

Baca Juga: Gak Cuma Daging Merah, Ini 3 Makanan yang Baik utnuk Penderita Darah Rendah, Kamu Mau Coba Gak?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.