Menu

Ahli Spill Cara Mengatasi Nyeri Kaki Setelah Berolahraga, Kamu Harus Tahu Nih Beauty!

17 Januari 2024 20:03 WIB
Ahli Spill Cara Mengatasi Nyeri Kaki Setelah Berolahraga, Kamu Harus Tahu Nih Beauty!

dr. Andi Praja Wira Yudha Lutfi, Sp. OT, Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi Eka Hospital Permata Hijau (Herstory/Nailul Iffah)

HerStory, Jakarta —

Beauty, bagi para pelari kesehatan kaki merupakan aspek yang krusial. Pasalnya, nyeri kaki bisa menjadi masalah yang menghambat kinerja dan mengganggu aktivitas saat berolahraga. 

Menurut dr. Andi Praja Wira Yudha Lutfi, Sp. OT, Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi Eka Hospital Permata Hijau, nyeri pada kaki menjadi salah satu risiko yang sering dialami  dan dianggap enteng oleh masyarakat. 

"Salah satu risiko yang bisa dialami dan gak banyak diperhatikan masyarakat itu cedera pergelangan kaki atau ankle injury," ujar dr Wira saat media brief di Jakarta, Rabu (17/1/2024). 

Lantas, apa itu cedera pada pergelangan kaki? Beauty, cedera pergelangan kaki adalah cedera yang terjadi ketika pergelangan kaki mengalami terkilir, terpelintir, hingga berputar ke arah tidak seharusnya. 

Di mana pergelangan kaki memiliki tulang, sendi, dan jaringan ikat yang berguna pada saat berjalan hingga berlari. Ketika mengalami cedera pergelangan kaki bisa menyebabkan salah satu dari hal tersebut mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan rasa sakit yang hebat. 

Selain itu, cedera pergelangan kaki sering dianggap sebagai cedera olahraga, padahal nyatanya gak cuma atlet yang mengalami cedera. Cedera kaki juga bisa terjadi ketika berjalan di permukaan yang tak rata dan menyebabkan keseleo yang menyakitkan. 

"Biasanya cedera pergelangan kaki terjadi saat olahraga atau jalan di permukaan yang gak rata," sambung dr Wira. Sehingga membuat cedera terjadi seperti terjatuh atau terbentur dan memaksa kaki dan pergelangan kaki pada posisi yang tidak seharusnya. 

Gejala Cedera Pergelangan Kaki 

Cedera pergelangan kaki memiliki beberapa gejala berdasarkan dari jenis dan penyebab cederanya. Beberapa cedera dapat menimbulkan rasa nyeri ringan yang bisa hilang dalam hitungan menit hingga jam, tapi ada juga yang menghasilkan nyeri hebat dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa pulih. 

Beberapa gejalanya yaitu:

  • Rasa nyeri pada pergelangan kaki, terutama pada saat mencoba berdiri bebas.
  • Pembengkakan pada area pergelangan kaki.
  • Memar kemerahan di area cedera.
  • Keterbatasan dalam menggerakan pergelangan kaki. 

Ada beberapa jenis macam cedera pergelangan yang bisa terjadi, beberapa diantaranya yaitu: 

* Keseleo, biasanya disebabkan oleh terjadinya memutar kaki secara tidak sengaja secara tiba-tiba ke dalam sehingga menyebabkan peregangan atau robeknya satu atau lebih ligamen, struktur yang menghubungkan tulang dengan tulang. 

* Tendonitis, merupakan peradangan jaringan tendon yang disebabkan oleh penggunaan pergelangan kaki scara yang berlebihan, biasanya pada saat olahraga atau berjalan dalam waktu yang lama tanpa istirahat. 

* Patah tulang, yaitu patah yang terjadi pada tulang atau sendi di atau sekitar pergelangan kaki, biasanya disebabkan karena benturan keras. 

* Fracture stress, adalah retakan kecil pada tulang yang biasanya disebabkan oleh gerakan berulang dan penggunaan kaki yang berlebihan, seperti melompat-lompat berulang kali atau berlari dengan lama. 

Baca Juga: Lari Sekaligus Berdonasi Emang Bisa? Run To Care dari SOS Children’s Villages Indonesia yang Ajak Pelari Berbagi Kebaikan dengan Anak-anak

Baca Juga: 6 Manfaat yang akan Kamu Dapatkan Jika Aktif Olahraga Lari, Yuk Mulai Rutin Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan