Menu

Alamak! Disebut Jadi Pemicu Diabetes dan Kanker, Benarkah Telur Dadar Gak Baik untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta Nih?!

20 Februari 2024 16:25 WIB
Alamak! Disebut Jadi Pemicu Diabetes dan Kanker, Benarkah Telur Dadar Gak Baik untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta Nih?!

Telur dadar ala masakan padang (Instagram/desiestapp)

HerStory, Jakarta —

Telur dadar adalah salah satu jenis makanan yang sangat disukai banyak orang. Namun sayangnya, belakangan ini viral di media sosial yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi telur dadar bisa mengakibatkan diabetes dan kanker lho!

Asal mulanya adalah karena kandungan avidin pada putih telur dan biotin pada kuning telur akan tercampur saat membuat telur dadar.

Ketika keduanya tercampur, avidin akan mengikat biotin sehingga tubuh akan kekurangan biotin yang meningkatkan risiko kanker dan diabetes.

Lalu, benarkah hal itu bisa membuat telur dadar menjadi pemicu kanker dan diabetes?

Dilansir dari laman CNN Indonesia, iotin adalah vitamin yang berperan penting dalam pembakaran protein, karbohidrat, dan lemak. Vitamin ini memang punya peran penting dalam reaksi biokimia dalam tubuh misalnya transfer karbondioksida dan metabolisme karbohidrat dan lemak.

Rupanya, jika kekurangan biotin tubuh bisa mengalami beberapa gangguan seperti rambut rontok, kulit kering, ruam bersisik di sekitar mata atau mulut, mata kering, kelelahan, depresi, ketahanan tubuh rendah, sampai ensefalopati.

Avidin sendiri akan mengikat erat biotin yang dilepaskan selama pencernaan protein makanan dan mencegah penyerapannya dalam tubuh.

Baca Juga: Waspada! Ini 4 Makanan yang 'Haram' Dikonsumsi Penderita Diabetes, Nomor 1 Jadi Favorit Banget Lho!

Baca Juga: Sahur Makin Lahap, Ini Resep Sambal Tempe yang Pedasnya Nampol dan Mudah Dibuat, Tambah Telur Dadar dan Nasi Hangat Makin Nikmat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan