Menu

Obat Kanker Ternyata Murah Meriah?! Ini 3 Khasiat Ajaib Tahu untuk Kesehatan Tubuh, Bisa BIkin Panjang Umur Lho Moms!

23 Februari 2024 18:25 WIB
Obat Kanker Ternyata Murah Meriah?! Ini 3 Khasiat Ajaib Tahu untuk Kesehatan Tubuh, Bisa BIkin Panjang Umur Lho Moms!

Ilustrasi tahu (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Banyak sekali menu olahan tahu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Pasalnya, bahan produk kedelai ini sangat murah dan mudah diolah bahkan memiliki nutrisi yang baik, salah satunya sumber protein lho Moms!

Dilansir thehealthy.com melalui laman sindikasi konten suara.com, menurut Sharon Palmer, RDN, ahli gizi terdaftar yang berspesialisasi dalam pangan nabati dan sustainable living, produk kedelai seperti tahu itu unik, karena memiliki kualitas protein tertinggi di antara sumber protein nabati yang lain. “Sama seperti daging, ikan, unggas, telur, dan produk susu, tahu mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup untuk memproduksi pasokan proteinnya sendiri”, ujarnya.

Tentu dengan kandungan gizinya tahu memiliki berbagai manfaat kesehatan. Apa aja khasiat ajaib tahu? Berikut akan dibahas beberapa contohnya.

1. Dapat mencegah kanker payudara

Di antara kamu mungkin ada yang merasa khawatir mengonsumsi tahu karena mengandung banyak estrogen, yakni hormon yang dapat memicu pertumbuhan jenis kanker payudara tertentu. Untuk hal ini, Desiree Nielsen, RD, penulis Eat More Plants: Over 100 Anti-Inflammatory, Plant-Based Recipes for Vibrant Living, menjelaskan bahwa bukan itu permasalahannya. “Makanan (dari) kedelai mengandung fitoestrogen alami seperti isoflavon, yang memiliki efek penyeimbang lebih besar terhadap kadar hormon tubuh,” jelasnya. Jadi, salah besar ya kalau menghindari makan tahu karena takut kena kanker payudara.

Justru sebaliknya, konsumsi tahu bisa mencegah kanker payudara. Hal ini dikuatkan oleh penelitian yang terbit pada jurnal PLoS One tahun 2020. Setelah meninjau 14 penelitian, para peneliti menemukan bahwa wanita yang paling banyak mengonsumsi tahu memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil terkena kanker payudara dibanding mereka yang lebih sedikit mengonsumsi tahu.

Baca Juga: Cegah Obesitas Anak, Ternyata Peran MPASI untuk Jadi Fondasi Kesehatan Si Kecil Penting Banget Lho Moms! Simak Yuk

Baca Juga: Gak Cuma Pakai Sabun, 3 Bahan Alami Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Tubuh Jika Dipakai Mandi Lho! Kamu Mau Coba Gak Beauty?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan