Menu

Selain Olahraga, Gimana Sih Cara Jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa Agar Gak Mudah Sakit? Catat Ya Moms!

18 Maret 2024 17:55 WIB
Selain Olahraga, Gimana Sih Cara Jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa Agar Gak Mudah Sakit? Catat Ya Moms!

Ilustrasi orang tua ajak anak olahraga (Getty Images/Staticnak1983)

HerStory, Jakarta —

Olahraga adalah aktivitas yang sehat namun sering membuat orang malas melakukannya. Terlebih di saat bulan puasa ini pastinya banyak orang tak ingin merasa lelah dan haus karena olahraga kan?

Lalu, adakah cara untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tetap maksimal dalam menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan?

Melansir dari laman halodoc.com melalui laman sindikasi konten suara.com, ketika berpuasa, tubuh memang akan melakukan detoksifikasi secara alami untung membuang radikal bebas dalam diri lho Moms!

Oleh karena itu, di bulan puasa ini memang cocok digunakan sebagai masa-masa meningkatkan daya tahan tubuh guna mendapatkan manfaat kesehatan yang berlimpah.

Selain berolahraga, tentunya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh saat menjalani ibadah puasa Ramadhan.

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Kaya Nutrisi

Meskipun dapat menjadi saat-saat meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, ketika berpuasa tubuh juga akan cenderung merasa lemas karena kekurangan asupan nutrisi di waktu normal.

Akan tetapi, hal ini bisa ditangani dengan mengonsumsi makanan dan minuman kaya nutrisi.

Melansir dari artikel berjudul “Fasting, health, & Immunity: Is There a Connection?”, mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral seperti buah-buahan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menjaga nutrisi saat berpuasa.

Pengonsumsian makanan ini tentunya dilakukan saat masuk waktu berbuka hingga sahur.

Makanlah makanan kaya serat, protein dan mineral untuk menunjang proses metabolisme dalam tubuh sekaligus untuk memperlancar proses detoksifikasi saat berpuasa.

Selain itu, makanan kaya vitamin juga baik bagi kesehatan karena menjaga sistem imun.

Baca Juga: 4 Pantangan yang 'Haram' Dilakukan Penderita Kanker saat Puasa Menurut Dokter Onkologi, Jangan Dilanggar Ya!

Baca Juga: Dokter Gizi Beberkan 9 Jenis Makanan yang Dianjurkan Saat Puasa, Dijamin Kebutuhan Nutrisi Harian Bisa Terpenuhi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan