Menu

Wajib Santap Jika Ingin Panjang Umur! Ini 5 Ikan yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Kaya Protein, Nomor 5 Murah Banget!

12 April 2024 19:30 WIB
Wajib Santap Jika Ingin Panjang Umur! Ini 5 Ikan yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Kaya Protein, Nomor 5 Murah Banget!

Ikan Salmon (The Guardian/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Gak cuma memiliki banyak protein, ternyata ikan juga memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh lho Beauty! Bahkan, beberapa ikan juga diklaim bisa meningkatkan harapan hidup dan membuat panjang umur jika rutin dikonsumsi. Percaya gak?

Banyak ahli yang berpendapat bahwa ikan memiliki segudang khasiat, seperti protein yang tinggi hingga kandungan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 sangat berguna untuk menurunkan peradangan, menguatkan proses metabolisme, hingga menguatkan tubuh dari bahaya penyakit kardiovaskular yang bisa merenggut nyawa. 

Ada lima jenis ikan yang disebut mampu memperpanjang umur. Kelima ikan ini dikenal dengan sebutan kelompok ikan SMASH.

Biasanya, ikan-ikan tersebut banyak dikonsumsi oleh masyarakat di wilayah 'zona biru' atau wilayah dengan angka harapan hidup tinggi, seperti Loma Linda (California, AS), Okinawa (Jepang), Nicoya (Kosta Rika), Ikaria (Yunani), dan Sardinia (Italia).

Menurut American Heart Association, manfaat ikan SMASH akan mulai terlihat bila kita mengonsumsinya selama dua kali dalam seminggu.

Berikut daftar ikan yang mampu memperpanjang umur:

1. Salmon

Salmon sudah lama dikenal sebagai salah satu ikan paling sehat di dunia. Makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Jepang ini mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi serta baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. 

Selain itu, terdapat kandungan lain dalam salmon, seperti kalsium, protein, vitamin B12, dan kalium.

2. Makarel

Ikan makarel juga menjadi salah satu ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang menjadi nutrisi penting bagi otak. 

Makarel juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk pencegahan dan pengendalian kadar gula darah yang bermanfaat bagi para penderita penyakit diabetes. 

Baca Juga: Tinggi Antioksidan, Kepoin Yuk Manfaat Kacang Pistachio, Rupanya Bisa Kontrol Berat Badan Beauty

Baca Juga: Segar dan Sehat, Ini 6 Manfaat Ajaib Lemon yang Gak Banyak Diketahui! Ternyata Bisa Jadi Obat Mujarab Biar Langsing Lho Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.