Menu

7 Menu Diet Atkins untuk Seminggu, Mulai dari Sarapan hingga Makan Malam, Penting Banget Kurangi Asupan Karbohidrat!

16 April 2024 12:50 WIB
7 Menu Diet Atkins untuk Seminggu, Mulai dari Sarapan hingga Makan Malam, Penting Banget Kurangi Asupan Karbohidrat!

Seorang wanita yang sedang memakan Sandwich (Unsplash/Gardie Design)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahukah kamu jika ada berbagai macam jenis diet untuk menurunkan berat badan, salah satunya diet atkins yang diperkenalkan oleh dokter spesialis jantung yang bernama Robert Atkins pada tahun 1972.

Nah, dalam jenis diet ini, karbohidratlah yang harus dibatasi, sementarai protein tanpa lemak, sayuran serat tinggi, hingga lemak sehat yang harus dikonsumsi lebih banyak.

Manfaat dietkan Atkins sendiri disebut lebih efektif dalam pembakaran lemak karena lebih mengutamakan pembakaran lemak untuk energi dibandingkan dengan karbohidrat. Daris segi kesehatannya, diet Atkins disebut bisa perbaiki kadar trigliserida dalam darah, bantu cegah diabetes, turunkan tekanan darah tinggi meski manfaat tersebut masih harus diteliti.

Sementara itu, diet Atkins pun memiliki risiko, mulai dari penurunan asupan karbohidrat, ketosis hingga ketoasidosis. Jadi jika Beauty tertarik sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Di sisi lain, jika Beauty tertarik untuk menjalankan diet Atkins, Herstory akan merangkumkan menu diet Atkins dalam seminggu yang bisa kamu terapkan saat kamu masuk fase satu, yaitu induksi. Itu karena dalam diet Atkins ada beberapa tahap metode dietnya, mulai dari Induksi, lalu fase dua melanjutkan tahap menurunkan berat badan, setelah itu ada fase tiga, yaitu pra pemeliharaan, terakhir fase seumur hidup setelah berat badan yang diimpikan tercapai.

Nah, kali ini Herstory hanya akan rangkum menu diet Atkins di fase induksi, yaitu fase saat tubuh harus berada pada kondisi ketosis karena karbohidrat yang masuk hanya 20 gram per hari, hanya setara 1 buah apel ukuran sedang atau 1 potong roti berukuran standar. Karena minimnya asupan karbohidrat, di fasae ini tubuh dipaksa untuk bakar lemak untuk energi.

Mengutip dari buku Serba Serbi Diet Sehat karya Ria Adya, berikut ini rekomendasinya

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Sumber Karbohidrat untuk Kamu yang Sedang Diet Nasi, Bukan Cuma Beras Merah Lho!

Baca Juga: Pentingnya Jaga Asupan Kalori Saat Diet, Cusss Simak Takaran Karbohidrat yang Pas untuk Defisit Kalori, Beauty Harus Tahu Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: