Menu

Jadi Level Tertinggi Penyebab Kolesterol, Ini 3 Manfaat Konsumsi Daging Domba! Kamu mau Konsumsi Gak?

05 Juni 2024 15:40 WIB
Jadi Level Tertinggi Penyebab Kolesterol, Ini 3 Manfaat Konsumsi Daging Domba! Kamu mau Konsumsi Gak?

Kari Domba (Sumber/Plataran)

HerStory, Jakarta —

Jelang hari raya Idul Adha 2024, banyak sekali yang mempersiapkan hewan kurban. Salah satu hal yang sangat penting dan pastinya ada pada peringatan keagamaan bagi umat Islam ini adalah budaya memakan daging usai mendapatkan kurban.

Tentu banyak sekali hewan kurban untuk perayaan hari raya Idul Adha. Di Indonesia sendiri biasanya hewan yang lazim dijadikan sebagai hewan kurban adalah kambing, sapi dan domba.

Kendati bukan menjadi hewan yang cukup diminati di Indonesia, tapi hewan yang dikenal masih berkerabat dengan kambing ini juga seringkali dijumpai sebagai hewan kurban. Daging domba juga dikenal memiliki kadar kolestrol yang cukup tinggi seperti lazimnya kambing. 

Oleh karena itu, beberapa orang juga tak disarankan mengonsumsi daging domba terlalu banyak. Namun, daging domba ternyata memiliki beberapa manfaat yang cukup baik apabila dikonsumsi dengan benar. 

Berikut 3 manfaat mengonsumsi daging domba.

1. Mencegah Anemia

Seperti lazimnya daging merah pada umumnya, daging domba juga dapat membantu mencegah penyakit anemia pada seseorang. 

Menyadur artikel yang terbit dalam “American Journal of Medicine”, daging domba memiliki kandungan zat besi yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin pada darah.

Zat besi ini cukup baik apabila diserap oleh tubuh dan dapat menjadi salah satu obat alami dari pencegahan anemia. 

Dalam sekitar 100 gram daging domba segar terdapat sekitar 2-3 mg zat besi yang terkandung di dalamnya. Kandungan tersebut tentunya cukup besar untuk ukuran daging merah.

Oleh karena itu, pengonsumsian daging domba juga tak boleh terlalu banyak, khususnya bagi orang-orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Auto Gas Jangan Kasih Kendor! Rendah Kolesterol, Ini Tips Nikmati Daging Kambing saat Idul Adha yang Wajib Dicoba! Catat Ya!

Baca Juga: Kolesterol Minggat Cuma Gegara Bahan Herbal Ini, Yakin Gak Mau Coba Moms?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan