Menu

Dukung Gerakan GERMAS dari Kemenkes, ERHA Ultimate Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Melalui Gerakan Ini

13 Juni 2024 22:15 WIB
Dukung Gerakan GERMAS dari Kemenkes, ERHA Ultimate Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Melalui Gerakan Ini

Cek Kesehatan Gratis dari ERHA Ultimate (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu tahu soal GERMAS? Itu lho, program Gerakan Masyarakat Sehat yang dipelopori oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan tujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

Sebagaimana keterangan resmi dari Kementerian Kesehatan pada tanggal 23 Februari 2024, tugas orang kesehatan itu bukan hanya mengobati orang sakit, tetapi menjaga orang tetap sehat. Jadi cara pandangnya harus membangun orang-orang tetap sehat dengan cara melakukan upaya promotiv dan preventif kesehatan, imbau Budi G. Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Program GERMAS sendiri menargetkan untuk adanya perubahan perilaku di masyarakat. Implementasi GERMAS bersifat gerakan dan bukan sekedar kemajuan sehingga menggunakan pendekatan yang inklusif bukan eksklusif. Untuk menanamkan budaya hidup sehat di masyarakat, tentunya program GERMAS Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memerlukan kontribusi dari tiap elemen yang ada dalam masyarakat.

Sebagaimana diketahui, program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS meliputi 6 aktifitas utama dalam pengimplenentasiannya yang diantara lain: 1. Peningkatan Aktivitas Fisik, 2. Peningkatan Perilaku Hidup Sehat, 3. Penyediaan Pangan Sehat dan Percepatan Perbaikan Gizi, 4. Peningkatan Pencegahan dan Pendeteksian Dini Penyakit, 5. Peningkatan Kualitas Lingkungan, 6. Peningkatan Edukasi Hidup Sehat. 

Untuk membantu program GERMAS Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan merayakan HUT Kota Denpasar yang ke-236 tahun 2024, ERHA Ultimate hadir bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Denpasar dalam acara Safari Kesehatan HUT Kota Denpasar yang ke-236 Tahun di Banjar Dajan Tangluk, Kota Denpasar. Kontribusi Erha Ultimate dalam safari kesehatan ini memberikan pelayanan kesehatan umum kepada masyarakat Kota Denpasar. Mulai dari layanan Konsultasi Dokter, pemeriksaan kolesterol total, pemeriksaan gula darah sewaktu dan pemeriksaan asam urat secara gratis untuk Masyarakat yang tinggal di Kota Denpasar. 

Kegiatan hari ini yang dihadiri oleh Walikota Denpasar, Bapak I Gusti Ngurah Jaya Negara, SE ini menargetkan seluruh masyarakat kota Denpasar mendapatkan layanan kesehatan dengan baik, khususnya masyarakat kelompok rentan seperti lansia, ibu dan anak serta masyarakat membutuhkan lainnya. “Kami dari Pemerintah Kota Denpasar, berupaya untuk terus melayani masyarakat, khususnya dalam mempermudah akses kesehatan. Dengan adanya program safari kesehatan di banjar-banjar ini kan sangat memudahkan masyarakat.

Kegiatan hari ini bukan hanya pemeriksaan kesehatan rutin saja, tapi juga ada pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis oleh John Fawcett Foundation, Pelayanan Fisioterapi dari RSUD Wangaya Kota Denpasar, pelayanan kesehatan umum dari UPTD Puskesmas II Kecamatan Denpasar Timur, Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut dari FKG Universitas Mahasaraswati Denpasar, Pemeriksaan Kolesterol, Asam Urat, Gula dan Konsultasi Dokter Gratis dari ERHA Ultimate Denpasar dan Deteksi Dini Balita dan THT dari Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali serta Pameran Produk Pencegahan Stunting dari Poltekkes Kemenkes Denpasar. Dengan banyaknya pelayanan kesehatan yang dilakukan, kami harap masyarakat akan terbantu kualitas kesehatannya ujar I.G.N Jaya Negara, SE.

Head of CSR, Corp. Relations, Engagement & Culture Development Arya Noble Group (Induk Usaha ERHA), Oemar Saputra mengatakan, pelayanan kesehatan ini kami lakukan sebagai bentuk kontribusi nyata ERHA untuk masyarakat. Dimanapun klinik ERHA berdiri, harus ada kontribusi untuk masyarakat setempat. Hari ini, kami juga mengajak ERHA Volunteer yang terdiri dari Dokter, Perawat dan para Pimpinan Cabang untuk terjun langsung melayani masyarakat. Kami yakin, dengan adanya sinergi berbagai pihak mulai dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, NGO dan lainnya akan membawa dampak baik dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Baca Juga: 5 Manfaat Sayur Oyong untuk Kesehatan Tubuh, Pejuang Diet Kumpul Yuk, Salah Satunya Bikin Berat Badan Anjlok Lho!

Baca Juga: Aman untuk Kesehatan dan Lingkungan, Ini Tips Pilih Pembalut dari Charm yang Wajib Diterapkan! Beauty Sudah Tahu?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.