Menu

Gak Melulu Buruk Kok Beauty! Ini 9 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan Tubuh, Ada Favoritmu Gak?

25 Juni 2024 20:55 WIB
Gak Melulu Buruk Kok Beauty! Ini 9 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan Tubuh, Ada Favoritmu Gak?

ilustrasi nasi goreng sambal roa (SHUTTERSTOCK/Kravtzov)

HerStory, Jakarta —

Banyak orang mungkin menganggap karbohidrat adalah hal buruk untuk dikonsumsi karena bisa menambah berat badan dengan mudah.

Gak cuma itu, karbohidrat juga sering diasosiasikan dengan diabetes, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya lho Beauty!

Memang benar kalau makanan olahan yang tinggi gula dan biji-bijian olahan biasanya kekurangan vitamin dan mineral penting. 

Namun, banyak makanan padat nutrisi dan kaya serat sebenarnya sangat baik untuk kamu.

Meskipun diet rendah karbohidrat dapat bermanfaat bagi sebagian orang, tak ada alasan untuk menghindari makanan tinggi karbohidrat sama sekali.

Berikut 9 makanan tinggi karbohidrat yang sangat menyehatkan seperti dilansir dari healthline.com.

1. Pisang

Pisang adalah buah populer yang suka digunakan dalam berbagai resep. Satu buah pisang berukuran besar (136 gram) mengandung sekitar 31 gram karbohidrat, baik dalam bentuk pati maupun gula.

Pisang juga tinggi potasium dan vitamin B6 dan C, serta mengandung beberapa senyawa tumbuhan bermanfaat. Berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Pisang hijau mentah memiliki kandungan pati lebih tinggi. Ini berubah menjadi gula alami saat pisang matang, dan berubah menjadi kuning dalam prosesnya. 

Pisang mentah dan kurang matang juga mengandung pati resisten dan pektin dalam jumlah yang cukup, keduanya mendukung kesehatan pencernaan dan menyediakan bahan bakar bagi bakteri menguntungkan di usus. 

2. Ubi jalar

Ubi jalar adalah umbi-umbian atau sayuran akar yang lezat dan bergizi. Satu setengah cangkir (100 gram) ubi jalar yang dihaluskan dan dimasak beserta kulitnya mengandung sekitar 20,7 gram karbohidrat, yang terdiri dari pati, gula, dan serat. 

Terlebih lagi, buah ini mengandung antioksidan, yaitu senyawa yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya di sel untuk melindungi kamu dari penyakit kronis. 

3. Biji gandum

Biji gandum adalah benih bergizi yang telah menjadi sangat populer di kalangan konsumen yang sadar kesehatan. Ini diklasifikasikan sebagai pseudocereal, yaitu biji yang diolah dan dimakan seperti biji-bijian.

Biji gandum yang dimasak mengandung 70% karbohidrat, menjadikannya makanan tinggi karbohidrat. Namun, ini juga merupakan sumber protein dan serat yang baik. 

Biji gandum kaya akan banyak mineral dan senyawa tumbuhan dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan pengelolaan gula darah dan kesehatan jantung.

Selain itu, gandum juga tak mengandung gluten, sehingga menjadi alternatif populer pengganti gandum bagi mereka yang menjalani diet bebas gluten.

4. Gandum

Gandum adalah biji-bijian yang sangat menyehatkan dan merupakan sumber banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Gandum mentah mengandung 70% karbohidrat. Satu porsi 1 cangkir (81 gram) mengandung 54 gram karbohidrat, termasuk 8 gram serat. Mereka sangat tinggi jenis serat tertentu yang disebut oat beta glukan.

Gandum juga merupakan sumber protein yang relatif baik dan mengandung lebih banyak protein dibandingkan kebanyakan biji-bijian. Penelitian menunjukkan bahwa makan gandum dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. 

Baca Juga: Rawat Kulit dari Dalam, Simak Yuk Manfaat Kolagen yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh! Beauty Mau Coba?

Baca Juga: Pilates Re Bar Pondok Indah Helat Pesta Anniversary ke-2, Siap Manjakan Member dengan Promo dan Aktivitas Menarik! Mau Bergabung Gak Beauty?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan