Beauty, di tengah pandemi global virus corona yang mewabah di Indonesia. Sekarang kita semakin disuguhkan dengan informasi yang masih simpang siur kebenerannya. Baru-baru ini terdapat kabar dari platfrom media WhatsApp menyebutkan soal mengunyah daun sirih setiap hari dapat mencegah seseorang terpapar coronavirus atau COVID-19.

Kabar itu diklaim berasal dari seorang dokter di Singapura yang berisi mengunyah dauh sirih setidaknya satu kali sehari, terutama pada pagi hari, dapat menangkal virus penyebab virus corona karena daun sirih mengandung antiseptik. Kandungan antiseptik dalam daun sirih itu bermanfaat untuk membersihkan tenggorokan sebagai lokasi pertama serangan virus penyebab Covid-19. 

Baca Juga: Minum Susu Kunyit Bisa Tangkal Virus Corona? Ternyata Ini Lho Manfaatnya!

Akan tetapi, benar enggak sih daun sirih dapat menangkal coronavirus dengan cara dikunyah? Dilansir dari Antara.com (29/03/2020), Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prof. Dr. Arif Sumantri mengatakan daun sirih memiliki fungsi sebagai antiseptik alami untuk membunuh mikrobakteri jahat, termasuk juga virus 2019-nCoV, penyebab penyakit Covid-19. 

Arif Sumantri mengatakan tidak ada pemanfaatan daun sirih untuk mencegah virus penyebab Covid-19 di tenggorokan dengan cara dikunyah. Manfaat antiseptik dalam daun sirih untuk tenggorokan belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Akan tetapi, antiseptik dalam daun sirih dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan tangan.

Nah, untuk itu Beauty hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan mengunyah dauh sirih dapat mencegah virus corona. Tetapi sebenernya apa sih khasiat yang ada di dalam daun sirih? HerStory telah merangkum dari berbagai sumber. Yuk simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Ternyata Ini Lho, Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai antiseptik

Daun sirih adalah antiseptik alami yang luar biasa. Kandungan daun sirih yang kaya akan polifenol, terutama chavicol menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Daun sirih dapat diaplikasikan pada luka untuk membunuh kuman. Kandungan polifenol pada daun sirih juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi dan orkitis. Selain itu, minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Obat mimisan

Daun sirih adalah obat yang baik untuk mengatasi hidung berdarah atau mimisan. Daun sirih dapat membantu menghentikan aliran darah dengan cara memasukkan gulungan daun sirih segar ke dalam hidung yang sedang mimisan dan tunggu selama 30 menit untuk menghentikan aliran darah.

Baca Juga: Tangkal COVID-19, Yuk Buat Disinfektan Sendiri Di Rumah dengan Bahan Mudah dan Gampang Ini!

Mengobati jerawat dan masalah kulit

Nah Beauty, ternyata daun sirih adalah obat yang baik untuk jerawat, flek hitam, dan berbagai masalah kulit lain lho. Khasiat antimikroba dalam daun sirih mampu membantu mengobati sariawan, alergi, gatal, dan bau badan.

Untuk mengobati jerawat dengan daun sirih, hancurkan beberapa lembar daun sirih kemudian campurkan ekstraknya dengan sedikit kunyit. Oleskan 'ramuan' tersebut pada jerawat dan alergi.

Selain itu, cara mendapatkan manfaat daun sirih lainnya adalah dengan mencuci muka atau membasuh dengan air rebusan daun sirih pada kulit yang bermasalah. Menerapkannya secara rutin dapat membantu menghilangkan noda serta jerawat pada wajah atau punggung dalam beberapa hari.

Mengobati diabetes

Daun sirih juga dapat mengurangi kadar glukosa keseluruhan dalam darah yang sangat bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Mengonsumsi daun sirih dapat membantu mencegah penumpukan radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh penderita diabetes.