Pegal-pegal sering dikaitkan dengan gejala meningkatmya kadar asam urat yang tinggi atau hiperurisemia. Hal ini terjadi akibat adanya penumpukan asam urat.

Penumpukkan asam urat yang tinggi dapat memicu timbulnya kristal asam urat yang menumpuk di sendi sehingga menyebbakan keluhan nyeri dan pembengkakan sendiri. Kondisi asam urat tinggi mengakibatkan persendian terasa nyeri, panas, bahkan membengkak.

Biasanya gejala asam urat tinggi sering muncul di persendian. Umumnya gejala ini sering muncul pada jempol kaki, jari tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Penyakit asam urat disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eskternal. Faktor internal adalah keturunan, usia, dan jenis kelamin. Adapun faktor eksternal yang menyebabkan asam urat menjadi tinggi yaitu mengonsumsi obat-obatan, obesitas, dan mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Penyakit asam urat paling banyak diderita oleh pria. Hal pria gak memiliki kadar estergoen yang tinggi sedangkan wanita memiliki kadar estrogen yang tinggi. Hormon estrogen yang bisa mengurangi kadar asam urat dan memperlancar pengeluaran purin berlebih pada saluran urine.

Dilansir dari berbagai sumber (16/03/2021), berikut cara mengatasi penyakit asam urat tinggi

Baca Juga: Sama Memiliki Gejala Nyeri Sendi, Ini Dia Fakta Perbedaan Rematik dan Asam Urat