Diabetes adalah penyakit kronis di mana tubuh seseorang menjadi tak mampu membuat atau menggunakan insulin secara efektif. Kondisi tersebut juga disebut sebagai resistensi insulin.

Penatalaksanaan diabetes bergantung pada banyak faktor. Namun, diet memainkan peran penting dalam mengelola kondisi secara efisien untuk waktu yang lebih lama.

Masalah utama yang sering dihadapi penderita diabetes adalah pilihan makanan untuk dimasukkan ke dalam makanan mereka. Meskipun tampak sehat, beberapa makanan mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Tambahan gula dan karbohidrat dapat memperburuk diabetes dengan meningkatkan kadar gula dan kolesterol dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi seperti obesitas dan penyakit jantung.

Menghindari makanan tak sehat ini atau memilih alternatif makanan yang sehat adalah cara terbaik untuk mengelola diabetes dan mempertahankan gaya hidup sehat. Berikut adalah daftar makanan sehat yang harus dihindari penderita diabetes seperti dikutipĀ Boldsky, (17/03/2021).

1. Beras

Beras diperkaya dengan vitamin, mineral dan serat. Beras yang diolah menjadi nasi dapat meningkatkan energi, meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi masalah kulit, dan mengurangi peradangan di tubuh.

Namun, karena pemrosesan ekstra, nasi mungkin mengandung lebih banyak karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Jika kamu penderita diabetes, pilih nasi merah karena jauh lebih sehat daripada nasi putih.

Baca Juga: Beauty, Ternyata Wanita yang Sering Migrain Berisiko Rendah Alami Diabetes