Umumnya koelsterol tinggi disebabkan karena mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Padahal, adapun penyebab lain yang harus kamu ketahui agar bisa mencegahnya. 

Mencegah kadar kolesterol tinggi atau menjaga kolesterol normal sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya gejala kolesterol tinggi kadang gak disadari oleh penderitanya dan bisa menyebabkan komplikasi. 

Kolesterol merupakan salah satu senyawa lunak yang berwarna kuning seperti lilin. Kolesterol di produkdusi oleh tubuh, terutama organ hati. Setiap harinya hati dapat mengahsilkan sekitar 800 miligram kolesterol. 

Kadar kolesterol normal sangat berguna bagi kesehatan yaitu berperan dalam pembentukan hormon. Kolesterol merupakan salah satu bentuk lemak penting yang diperlukan tubuh. Sel-sel tubuh memerlukan kolesterol untuk tumbuh dan berkembang. 

Perlu dikhawatirkan jika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Pada umumnya setiap orang memiliki batas normal kolesterol dalam tubuh yaitu 200 mg/dL dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu perlu dikenali penyebabnya agar bisa mencegahnya. 

Dilansir dari berbagai sumber (19/03/2021), ini dia faktor yang mempengaharui kadar kolesterol tinggi. 

Baca Juga: Gak Hanya Kolesterol Tinggi, Ini Akibat Makan Gorengan Berlebihan