Handayani (sumber: BRI)
Seiring waktu, peran perempuan dalam dunia bisnis semakin mendapat pengakuan. Kini, tak sedikit wanita yang menempati posisi strategis di perusahaan-perusahaan besar. Salah satu sosok inspiratif tersebut adalah Handayani, Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Handayani sebenarnya memiliki latar belakang yang cukup berbeda dengan jabatan yang ia pegang saat ini. Sebelumnya ia merupakan lulusan sarjana dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga. Kemudian karena ketertarikannya dengan industri keuangan, Handayani memilih untuk melanjutkan pendidikan Magister di Universitas Padjadjaran Jurusan Manajemen.
Handayani juga menjadi salah satu bukti bahwa latar belakang pendidikan tidak menjadi hambatan untuk mencapai cita-cita di bidang lain. Sebelum menjadi jajaran petinggi BRI, Handayani lebih dulu bekerja sebagai dokter gigi dan mengikuti praktek bersama dosennya. Namun karena sejak kecil ia kerap kali diajak ibunya ke bank, ketertarikan Handayani untuk berkarir di dunia perbankan belum surut. Hingga akhirnya pada tahun 1988, ia membuat keputusan besar untuk switch karir dan melamar pekerjaan di perusahaan.
Sebelum akhirnya bergabung dengan PT BRI, ia telah mencoba bekerja di beberapa tempat baik swasta maupun BUMN. Bank BRI merupakan perusahaan kedelapan yang menjadi jejak karirnya hingga saat ini.
Dalam bank BRI sendiri, ia berhasil melakukan berbagai inovasi, termasuk restrukturisasi pendanaan yang berimplikasi positif terhadap efisiensi biaya, sehingga membawa Cost of Fund (CoF) BRI turun dari 3,22 persen menjadi 2,05 persen.
Meski saat ini ia telah mampu mencapai mimpinya, Handayani yang dikenal sebagai pribadi ulet dan berdaya saing tinggi terus belajar di sela-sela waktu senggangnya. Ia selalu memperbaharui kompetensinya dengan ikut serta dalam berbagai kursus dan pelatihan, baik di dalam maupun luar negeri. Kerja kerasnya ini membuat ia menjadi satu-satunya perempuan dalam jajaran direksi BRI. Kenyataan ini pun tidak Handayani merasa kecil hati, ia justru tertantang untuk mengubah citra bank agar lebih modern dan inovatif.
Selain memiliki nilai akademik yang bagus, Handayani juga aktif dalam berorgaisasi sejak duduk di banku sekolah. Karena ia paham betul bahwa relasi akan berperan penting bagi cita-citanya di masa depan. Keaktifkan berbaur dengan banyak orang ini membuat Handayani bertemu dengan banyak orang hebat yang ia jadikan sebagai mentor-mentornya. Salah satunya adalah Rudy N Hamdani yang dikenal sebagai pakar dalam bidang consumer banking.
Maka tak heran jika ia juga sempat menduduki peran penting di berbagai perusahaan seperti Direktur Marketing & Alternate Distribution di PT AXA Mandiri di tahun 2013-2014 dan Direktur Komersial di PT Garuda Indonesia Tbk di tahun 2014-2016.
Meskipun begitu, Handayani tetap memiliki prinsip dalam menerima yang datang. Ia selalu mempertimbangkan tiga hal utama kompetensi, skill teknis, dan skill non-teknis. Jika ketiganya sesuai, maka ia akan menerima dan berkomitmen untuk menjalaninya dengan sebaik mungkin. Cemerlangnya karir Handayani ini dapat menjadi bukti bahwa jika kita berusaha keras untuk terus berkembang maka bukan hal yang tak mungkin untuk menjadi yang terbaik meskipun berasal dari bidang yang berbeda
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.
Share Artikel:
Lihat Sumber Artikel di Warta Ekonomi
Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.