Leilanie Nadia Raih Silver PR Pro of The Year (Istimewa)
Leilanie Nadia, profesional komunikasi strategis berpengalaman lintas sektor, meraih penghargaan Silver Winner PR Pro of The Year dalam ajang Makaravox & PR Actions UI Awards 2025.
Penghargaan bergengsi ini mengukuhkan reputasi, kapabilitas, dan kredibilitas Leilanie sebagai praktisi PR korporat dan brand strategist yang memberikan dampak nyata di berbagai industri.
Dalam lanskap komunikasi yang terus berkembang dan semakin digital, nama Leilanie Nadia muncul sebagai salah satu figur perempuan muda Indonesia yang mampu menjembatani kepentingan publik dan korporasi secara terstruktur, strategis, dan berdampak lho Beauty!
Terbaru, ia meraih penghargaan dalam ajang Makaravox UI PR Awards 2025 merupakan kompetisi tingkat nasional yang melibatkan lebih dari 250 profesional dan talenta muda PR dari sektor pemerintahan dan swasta, termasuk instansi strategis seperti POLRI, Lembaga Pemerintah, Kementerian dan BUMN.
Penilaian dilakukan oleh para juri senior yang memiliki rekam jejak berpengalaman di bidang komunikasi dari berbagai kalangan seperti dosen Vokasi Universitas Indonesia, praktisi komunikasi dari Lembaga pemerintahan dan swasta.
Penyelenggara adalah Makaravox Universitas Indonesia, teaching factory dibawah Prodi Humas Fakultas Vokasi Universitas Indonesia.
Makaravox UI PR Awards 2025 kegiatan yang diinisiasi oleh Program Studi Public Relations Vokasi Universitas Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi dan inovasi dunia humas di sektor pemerintahan dan lembaga publik di Indonesia.
Terdapat beberapa kategori untuk Individu beberapa diantaranya adalah PR Student, PR Rookie, PR Consultant, dan PR Pro. Dewan juri merupakan para praktisi komunikasi senior dari kalangan akademik dan praktisi.
Latar belakang profesi dewan juri meliputi Dosen Universitas Indonesia dan para professional komunikasi dari Lembaga Pemerintah dan Perusahaan Swasta.
“Untuk kategori Individu PR Pro of The Year, kami tidak hanya melihat output komunikasi yang dilakukan, melainkan portofolio dan studi kasus dari para peserta secara end-to- end selama masa karirnya. Selain itu, strategi yang telah dijalankan juga harus memiliki dampak jangka panjang terhadap brand trust, public credibility, dan narasi korporat yang para peserta bentuk. Leilanie menunjukkan kematangan sebagai PR strategist yang mampu menjembatani antara visi bisnis dengan narasi public,” ujar Jojo S. Nugroho, COO Makaravox UI dan Dosen Humas Universitas Indonesia dilansir dari siaran tertulis pada Rabu (28/5/2025).
Karier Leilanie dimulai dari dunia media masa sebagai news anchor dan reporter berita televisi, tempat ia membangun fondasi penting dalam memahami dinamika komunikasi publik dan persepsi massa.
Dari media, ia mulai melintasi lintas sektor industri, dengan pengalaman di perusahaan gas industri di Samator Group, kemudian masuk ke masa krusialnya di Indonesia Financial Group (IFG), BUMN holding asuransi, penjaminan, dan investasi.
“Penghargaan ini bukan tentang Saya, melainkan wakil dari sebuah tim. Saya percaya dibalik setiap strategi komunikasi yang berdampak baik, selalu ada kerja kolektif yang tak tampak. Terima kasih kepada penyelenggara Makaravox Universitas Indonesia, ajang ini adalah perayaan akal sehat jalur prestasi bagi para insan komunikator untuk terus berkarya dalam menjadi jembatan institusi menyuarakan komunikasi untuk membangun reputasi.” ujar Leilanie Nadia, Corporate Communications Manager PYFAGROUP, peraih Silver Winner kategori individu PR Pro of The Year – Makaravox UI PR Awards Tahun 2025.
Pembentukan kompetensi krusialnya berada saat Leilanie bekerja di Indonesia Financial Group (IFG) sebagai Marketing Communications, dimana ia memainkan peran penting seperti membantu Pantro Pander Silitonga yang saat itu menjabat sebagai Direktur Bisnis IFG dan kini menjabat sebagai Anggota Dewan Ekonomi Nasional, selain itu Leilanie juga terlibat dalam penyusunan peluncuran aplikasi One by IFG, serta beberapa projek event Internasional seperti IFG Labuan Bajo Marathon 2022-2023 dan aktivasi brand IFG dalam event F1 Powerboat Toba di tahun 2023.
Saat ini, Leilanie menjabat sebagai Corporate Communications Manager di PT Pyridam Farma Tbk (PYFAGROUP), memiliki bisnis unit berupa obat resep dalam berbagai sediaan, consumer health, ethical, dan aesthetic.
PYFA memiliki anak-anak perusahaan terkenal, termasuk di antaranya, PT Holi Pharma, PT Ethica Industri Farmasi, dan Probiotec Pty Ltd. Di PYFAGroup, ia dipercaya untuk memimpin transisi komunikasi digital, membangun reputasi perusahaan melalui SEO & AI visibility, mengorkestrasi strategi komunikasi media masa dalam peluncuran produk seperti FEROSPAT dan FORMOM, dan merancang strategi brand architect dari subsidiaries PYFAGROUP. Jejaring Lintas Industri & Koneksi Strategis
Leilanie memiliki rekam jejak unik yakni lintas industri, ia mampu menjembatani ekosistem antara sektor publik dan swasta.
Berkat latar belakang media dan pengalaman lintas sektor—mulai dari gas industri, keuangan nonperbankan, BUMN, hingga farmasi dan FMCG—ia memiliki akses organik ke regulator dan kementerian (seperti Kemenkes, Kementerian BUMN, OJK), Praktisi industri, jaringan media nasional, serta Influencer & komunitas niche (moms, beauty, wellness, dan Gen Z).
Jaringan koneksi antar Lembaga ini juga mempercepat konversi strategi menjadi eksekusi—sebuah aset intangible yang kini makin krusial dalam manajemen komunikasi.
Dalam menilai portofolio para praktisi PR, publik dapat mengakses pada media yang terbuka dan terukur diantaranya media monitoring tools, sosial media profesional LinkedIn, media coverage, dan platform digital pribadi seperti Instagram.
Selain professional Leilanie juga diketahui sebagai fashion influencer di platform Instagram dan pernah diliput oleh media internasional Teen Vogue, memposisikan dirinya sebagai komunikator & presenter yang adaptif dan telah memiliki pengikut organic.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.