Perut kembung tak hanya membuatmu merasa tak nyaman, tetapi juga bisa menghalangi kinerja dan kegiatan sehari-hari. Perut kembung umumnya disebabkan oleh berbagai kebiasaan yang mungkin nggak sengaja kamu lakukan, seperti makan terlalu banyak atau terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, berbaring setelah makan, minum menggunakan sedotan, merokok, memakai gigi palsu yang longgar, atau mengunyah permen karet.

Kabar baiknya, perut yang sering terasa kembung bisa diatasi dengan melakukan kebiasaan ini di pagi hari secara rutin. Apa saja ya? Berikut tiga hal sederhana yang bisa kamu lakukan di pagi hari untuk mengatasi perut kembung seperti dilansir dari berbagai sumber, (26/03/2021)

1. Banyak bergerak

Perut kembung bisa disebabkan oleh konstipasi atau pencernaan yang tak lancar. Namun kalau kamu nggak punya waktu untuk BAB (buang air besar) atau merasa tak bisa BAB, sebaiknya lakukan olahraga atau banyak bergerak.

Minum air atau makan snack 30 menit sebelum berolahraga. Ini akan membantu melancarkan pencernaan dan BAB. Dengan begitu, perutmu bisa kembali nyaman.

2. Konsumsi serat