Beauty, apa kamu pernah makan atau dengar akar teratai? Akar teratai memang termasuk jenis makanan yang kurang familiar di Indonesia. Namun di beberapa jenis makanan China dan India, akar teratai sangat bermanfaat lho Beauty! Apalagi untuk kesehatan, katanya memakan akar teratai baik untuk nutrisi kulit dan rambut! Wow.

Memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa yang agak manis, akar teratai kerap diolah jadi beragam hidangan nikmat. Cara memasaknya, bisa digoreng, dikukus, atau ditumis. Tak hanya punya cita rasa yang khas, akar teratai ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Baca Juga: Katanya Kunyah Daun Sirih Bisa Cegah Virus Corona? Ternyata Ini Lho Khasiatnya!

Menurut nutrisionis Dr. Simran Saini dari Fortis Hospital seperti dilansir dari Food NDTV (31/03/2020), akar teratai mengandung vitamin dan mineral penting; seperti serat, kalium, zat besi, vitamin B, dan vitamin C.

Kira-kira, manfaat kesehatan apa saja ya, yang bisa kita dapatkan dari konsumsi akar teratai? Yuk, simak baik-baik ya Beauty!

Membantu mengurangi stres

Akar teratai mengandung vitamin B kompleks, yang punya komponen bernama pyridoxin. Komponen ini akan berinteraksi dengan reseptor saraf dalam otak, sehingga membuat stres, sakit kepala, dan perasaan mudah tersinggung jadi berkurang.

Baca Juga: Katanya Kunyah Daun Sirih Bisa Cegah Virus Corona? Ternyata Ini Lho Khasiatnya!

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Akar teratai mengandung serat pangan yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan kinerja pencernaan. Bahan makanan ini bisa mengobati dan mencegah sembelit, sekaligus memastikan nutrisi yang kita konsumsi dapat terserap dengan baik. Selain itu, serat dalam akar teratai akan merangsang gerakan peristaltik pada otot usus untuk mempermudah kinerjanya.

Menstabilkan tekanan darah

Adanya kandungan kalium pada akar teratai mampu menstabilkan kadar cairan dalam tubuh, dan mencegah kelebihan sodium dalam tubuh yang bisa memengaruhi aliran darah. Akar teratai juga dapat menenangkan pembuluh darah dan mencegah kontraksi. Selain itu, kandungan zat besi dalam akar teratai mampu membantu memperlancar sirkulasi aliran darah.

Baca Juga: Makan Buah Pisang Bisa Tangkal Virus Corona, Benar Enggak Sih?

Baik untuk kulit dan rambut

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, akar teratai juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut, berkat adanya kandungan vitamin B dan C di dalamnya. Nutrisi tersebut akan membantu menciptakan kilau alami pada kulit, serta tekstur lembut pada rambut. Vitamin C berfungsi menstimulasi produksi kolagen pada tubuh yang berguna untuk mengencangkan kulit.