Bukan Hanya Bualan, Penelitian: Cokelat Bermanfaat untuk Meningkatkan Suasana Hati

01 April 2020 14:00 WIB

Cokelat. (pinterest/freepik)

Beauty, apakah kamu suka mengonsumsi cokelat? Biasanya cokelat digunakan sebagai tanda kasih sayang karena rasanya yang manis. Enggak hanya itu, sudah jadi rahasia umum juga bahwa cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Ternyata hal ini tertuang dalam penelitian lho, Beauty!

Para peneliti di Adventist Health Sciences Center Loma Linda University di California Selatan mempresentasikan dua studi kecil pada pertemuan tahunan Experimental Biology 2018 seperti yang dilansir dari laman everyhealth (1/4/2020). Mereka menemukan cokelat hitam dengan konsentrasi kakao yang tinggi memiliki efek positif bagi suasana hati, ingatan, kekebalan tubuh, tingkat stres, hingga masalah peradangan.

Baca Juga: Enggak Hanya Enak Dimakan, Ini Manfaat Lain Cokelat untuk Tubuh

Semua peserta yang ikut dalam penelitian ini melakukan tes electroencephalogram (EEG) untuk mengukur gelombang gamma, sejenis gelombang otak. Hasilnya menunjukkan bahwa cokelat dapat memperlambat stres oksidatif, suatu kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak "radikal bebas" produk limbah yang dihasilkan oleh reaksi kimia dalam tubuh.

"Kakao memiliki antioksidan yang dapat memperbaiki stres oksidatif," kata Lee Berk, PhD, dekan penelitian di Loma Linda dan penulis utama studi di journal Current Neuropharmacology.

Sebuah penelitian di Denmark yang diterbitkan pada Maret 2017 di jurnal BMJ Heart, melibatkan 55.502 peserta (26.400 pria dan 29.102 wanita) berusia 50 hingga 64 tahun. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang makan 1 ons coklat sebanyak dua hingga enam kali setiap minggu memiliki tingkat atrial fibrilasi 20% lebih rendah di bandingkan dengan orang yang makan cokelat sebulan sekali.. Atrial fibrilasi adalah kondisi di mana jantung berdetak secara tak teratur yang dapat menyebabkan pembekuan darah, stroke, gagal jantung, dan komplikasi terkait jantung lainnya.

Baca Juga: Dilanda Bad Mood? Coba Deh Konsumsi 5 Makanan Ini!

Berdasarkan pemaparan di atas enggak heran bahwa cokelat memiliki khasiat untuk tubuh. Selain menyehatkan jantung, cokelat juga bisa menaikan suasana hati. Cocok banget untuk dijadikan pilihan saat kamu melalui hari yang berat.

Baca Juga: Transparan dan Terverifikasi, Alodokter Choice Hadir untuk Suguhkan Konsumen Informasi Akurat Soal Produk Kesehatan, Simak Yuk!

Baca Juga: Banyak Dicari, Ini Deretan Produk Kesehatan yang Minta Belinya Mendadak Naik Pesat! Bisa Jadi Ide Bisnis Nih Moms!

Artikel Pilihan