Menu

Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

01 April 2020 12:40 WIB
Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Ilustrasi alat pengukur diabetes.(Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu tahu enggak sih? Kalau diabetes dapat memengaruhi banyak bagian tubuh, termasuk kulit lho. Beberapa kondisi pada kulit menjadi tanda bahwa kadar gula darah kamu terlalu tinggi. Beberapa kondisi kulit tertentu bisa menandakan bahwa kamu sedang mamasuki fase pra-diabetes. Selain itu, kondisi kulit juga menandakan bahwa perawatan diabetes yang sedang dijalani kurang sesuai.

Tanda pada kulit yang ditunjukkan oleh diabetes ini biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Sejumlah masalah kulit bisa merupakan tanda langsung diabetes atau reaksi alergi terhadap insulin atau pengobatan diabetes.

Baca Juga: Punya Riwayat Hipertensi atau Diabetes? Waspada Penyakit Ginjal Kronik! Ini Cara Pencegahannya

Nah Beauty, kira-kira apa aja sih tanda pada kulit kita kalau ternyata terkena serangan diabetes? Dilansir dari The Health Site (01/04/2020), berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa ditunjukkan kulit ketika mengalami masalah diabetes. Simak baik-baik ya!

Kulit Melepuh Akibat Diabetes

Kondisi kulit ini terkadang muncul pada mereka yang mengalami diabetes. Kondisi kulit melepuh ini bisa terjadi pada jari, lengan, kaki, serta bahkan pada kaki. Hal ini berupa kondisi melepuh dan sering muncul pada mereka yang mengalami neuropati diabetik.

Kulit kering dan Gatal

Diabetes bisa jadi berujung pada munculnya kondisi kering di kulit. Tingginya gula darah menjadi penyebab terjadinya kondisi kulit yang kering dan gatal ini.

Bercak Hitam di Kulit

Ketika kamu memiliki bercak hitam terutama di ketiak, selangkangan, atau di belakang leher, sebaiknya segera periksakan kondisimu lebih jauh. Hal ini bisa jadi merupakan tanda diabetes yang muncul di dirimu.

Baca Juga: Enggak Usah Khawatir, Ini Tips Minum Kopi untuk Penderita Diabetes

Benjolan Kuning, Merah, atau Cokelat di Kulit

Masalah diabetes pada kulit ini sering salah dipahami sebagai jerawat. Hal ini bakal muncul berupa benjolan kecil yang bakal semakin parah dengan membengkak dan mengeras. Hal ini juga bisa ditandai dengan rasa sakit dan gatal yang muncul ketika mengalami diabetes.

Kulit Menebal

Kondisi kulit bengkak, tebal, dan keras pada bagian belakang tangan merupakan kondisi kulit umum yang berhubungan dengan diabetes. Ketika masalah ini tidak lekas ditangani, hal ini bisa menyebar pada lengan bagian atas atau bahkan pada dada, wajah, dan leher.

Luka di Kulit

Tingginya kadar gula darah dalam waktu lama bisa menyebabkan buruknya sirkulasi darah dan kerusakan saraf. Karena hal ini, seseorang yang mengalami masalah diabetes cenderung lebih mudah terluka terutama di kaki.

Baca Juga: Selain Makanan Manis, 5 Makanan Ini Ternyata Jadi Penyebab Diabetes Melonjak Tinggi

Baca Juga: Catat Moms! Ini 5 Cara Mencegah Diabetes pada Anak Sejak Dini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ira Nur Aini