Setiap wanita tentu ingin memiliki rambut yang indah dan berkilau. Pasalnya rambut dikatakan sebagai mahkota wanita. Namun, ada saja permasalahan yang terjadi pada rambut. Salah satunya adalah ketombe.

Berbagai cara dilakukan guna menghindari ketombe pada rambut. Enggak perlu repot, ternyata ketombe bisa ditangkal dengan beberapa cara alami berikut ini:

1. Rajin Cuci Rambut

Salah satu penyebab ketombe adalah kondisi rambut yang kotor. Oleh sebab itu, penting untuk rajin mencuci rambutmu agar terhindar dari ketombe. Ketika rambut jarang dicuci, itu akan membuat rambut lembap karena kotoran hingga minyak akan menumpuk. Kondisi ini akan menyebabkan peradangan dan gatal-gatal.

Engga perlu produk kecantikan yang mewah. Kamu bisa menggunakan shampo yang mengandung minyak zaitun dan lidah buaya untuk menenangkan kulit kepala. Jika kondisi kulit kepala bersisik coba shampo dengan formula yang mengandung antibakteri zinc pyrithione.

2. Tea Tree oil

Secara historis, tea tree oil telah digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis. Ini juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu mengurangi ketombe.

Faktanya tea tree oil efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Melansir laman healthline (31/3/2021) studi meneliti efek tea tree oil pada ketombe dengan melibatkan 126 orang. Para partisipan setiap hari diberikan shampo yang mengandung tea tree oil. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tea tree oil dapat mengurangi ketombe hingga 41 persen. Selain itu, tea tree oil juga bisa mengungari rasa berminyak dan gatal di kulit kepala.

Meski bermanfaat, perlu diingat bahwa tea tree oil dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Cara terbaik menggunakan tea tree oil adalah mencampurkannya dengan minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit.

Baca Juga: Tampil Percaya Diri dengan Rambut Maksimal yang Kuat dan Sehat, Dengarkan Suaranya Yuk Beauty!