Ragamnya kuliner nusantara membuat Indonesia dikenal sebagai tempat penghasil kuliner terbesar di dunia. Banyak makanan khas dari nusantara yang lahir di Indonesia seperti nasi goreng, rendang, bakso, sayur lodeh dan berbagai jenis makanan lainnya.

Sayangnya, nggak semua makanan tersebut ramah bagi yang ingin menurunkan berat badan. Namun jika ingin mengonsumsi makanan yang tetap enak tapi memiliki kadar kalori yang rendah, beberapa makanan khas Jawa Barat ini bisa dijadikan pilihan untuk menurunkan berat badan. Berikut adalah ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber, (01/04/2021).

1. Karedok

Makanan khas dari Dusun Karedok di sekitar sungai Cimanuk, Jawa Barat ini udah nggak asing lagi bagi para pecinta makanan. Berbahan dasar sayur, rasanya yang khas dari renyahnya sayuran  serta percampuran dengan bumbu kacang membuat makanan yang syarat akan kandungan gizi dan serat utuh dalam sayuran tersebut masih tersimpan dan tidak berkurang. Berbeda dengan makanan yang jika sudah olah pasti akan berkurang nilai nutrisinya.

Karedok sendiri merupakan makanan yang masuk ke dalam jenis salad dengan bahan yang cukup mudah ditemui seperti timun, kacang panjang, selada, kol, leunca, terong hingga kecambah. Karedok merupakan menu diet yang cukup direkomendasikan mengingat nilai karbohidrat yang rendah hanya sebesar 14,10 gram, lalu lemak sebesar 3.30 gram, protein 2.20 gram serta energi 92 Kkal.

Dalam perhitungan angka kebutuhan gizi per hari, karedok bisa memenuhi kebutuhan gizi manusia sebesar 4 i angka kebutuhan gizi yang artinya karedok memiliki tingkat kalori yang cukup rendah dan sangat baik di konsumsi oleh orang yang sedang diet.