Setiap rumah tangga tentu akan diterpa oleh masalah. Enggak hanya masalah keuangan yang dapat menghancurkan hubungan, tetapi masalah kesuburan juga bisa meruntuhkan biduk rumah tangga lho.

Banyak pasangan yang berjuang untuk menjadi orang tua. Segala cara dilakukan untuk mendapatkan buah hati. Salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan, terutama pada wanita. Apa saja makanan itu? Simak ulasannya berikut ini:

1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Zat ini menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sperma dan sel telur.

Satu studi tahun 2012 terhadap pria dewasa muda menemukan bahwa makan 75 gram kenari kaya antioksidan per hari meningkatkan kualitas sperma. Sebuah studi dari 232 wanita menunjukkan bahwa asupan folat yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat implantasi, kehamilan klinis, dan kelahiran hidup yang lebih tinggi.

Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dikemas penuh dengan antioksidan bermanfaat seperti vitamin C dan E, folat, beta karoten, dan lutein. Mengonsumsi lebih banyak makanan sehat ini terbukti ampuh untuk meningkatkan kesuburan.

Baca Juga: Waspada Kanker Serviks Sering Menyerang Wanita! Makanan Ini Bisa Mencegahnya