Menu

Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

02 April 2020 14:30 WIB
Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Wanita sedang tertidur. (unsplash/bruce mars)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu memiliki jam tidur yang teratur setiap malam? Jika belum menerapkan hal itu, mungkin kamu harus segera coba untuk membuat jam tidurmu teratur setiap malamnya. Bukan tanpa sebab, jam tidur yang enggak teratur ternyata bisa membahayakan kesehatan jantungmu lho! Oleh sebab itu, jangan nekat ya!

Menurut penelitian baru dari Harvard Medical School, jadwal tidur yang tak beraturan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung) atau cardiovascular disease (CVD). Selain itu, ada juga sebuah studi baru lima tahun menemukan bahwa pada orang yang lebih tua, pola tidur yang tak teratur meningkatkan serangan jantung dan stroke yang lebih tinggi daripada orang-orang yang memiliki jadwal malam lebih teratur. Ini artinya, jadwal tidur berhubungan dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, dan diabetes sebagai faktor risiko untuk penyakit jantung.

Baca Juga: Punya Kualitas Tidur yang Buruk? Segera Tingkatkan dengan Konsumsi Dua Makanan Ini!

“Tidak seperti usia dan riwayat keluarga, tidur adalah sesuatu yang bisa untuk kita ubah. Kapan saja kami dapat mengidentifikasi faktor risiko yang dapat dimodifikasi untuk CVD,” kata dr. Tomas Ayala, MD, seorang ahli jantung bersertifikat di pusat jantung di Mercy Medical Center di Baltimore.

Seperti banyak sistem dalam tubuh, sistem kardiovaskular mengandalkan ritme sirkadian untuk mempertahankan fungsi normal. Ritme sirkandian adalah proses alami yang mengatur waktu bangun dan tidur di dalam tubuh. Salah satu contoh menurut temuan para ahli, tekanan darah turun di malam hari, naik tajam sebelum bangun tidur, dan umumnya paling tinggi menjelang pagi. Orang juga menjadi rentan akan mengalami serangan jantung, stroke, dan jantung berhenti mendadak di pagi hari.

Para peneliti mengatakan bahwa kaitannya waktu tidur yang berantakan dengan penyakit jantung disebabkan oleh gangguan berbahaya dalam ritme sirkadian. Gangguan sirkadian mempengaruhi ritme sistem saraf otonom yang secara langsung mengatur fungsi jantung normal, dan kebiasaan tidur yang enggak teratur juga dapat memengaruhi kebiasaan makan seseorang.

Baca Juga: Dijamin Ampuh! Penelitian: Rajin Konsumsi Tahu dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mungkin kamu sering tergoda untuk begadang karena sedang membaca buku yang bagus atau menonton series terbaru, tetapi demi kesehatan jantung, menjaga waktu tidur secara teratur setiap hari dalam seminggu itu penting untuk kesehatan jantung. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan sementara kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

Baca Juga: Sering Insomnia? Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya

Baca Juga: Sering Ngidam Makanan Tertentu? Bisa Jadi karena Kamu Kurang Tidur, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.