Semenjak dinyatakan sebagai ibu kota, penduduk Jakarta terus melonjak dengan kedatangan orang-orang dari seluruh daerah di Indonesia.

Meskipun begitu, penduduk asli Jakarta yakni suku Betawi masih bisa ditemui di kota metropolitan ini. Secara umum, Betawi telah berasimilasi dengan berbagai budayanya bahkan menjadi ikon penting Jakarta.

Mengutip dari berbagai sumber, (06/04/2021) data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta mencatat ada empat kesenian khas Betawi yang paling populer dan dijadikan tradisi menyambut tamu negara.

Penduduk asli Betawi juga terus melestarikan bahasa, musik, tari, dan masakan sekaligus mampu berbaur ke dalam kehidupan Indonesia yang modern. Untuk mengetahui apa saja kesenian khas Betawi yang menjadi ikon Jakarta, berikut adalah informasi selengkapnya.

1. Ondel-ondel

Manekin raksasa yang satu ini tak dapat dipisahkan dari budaya Betawi dan Ikon Jakarta. Ondel-ondel biasanya tampil berpasangan, sang pria mengenakan topeng merah, dengan kumis dan cambang serta pakaian berwarna gelap.