Mengonsumsi makanan berserat memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya jika kamu kurang mengonsumsi makanan berserat akan mendatangkan efek samping bagi tubuh.

Gak hanya buah-buahan, makanan berserat juga terdapat pada sayuran. Kamu gak harus mengonsumsi keduanya, tetapi setidaknya kamu mengonsumsi salah satu yang kamu sukai dalam sehari untuk memenuhi asupan serat dalam tubuh.

Masih banyak juga orang yang gak suka buah dan sayuran karena beberapa sebab. Jika kamu gak menyukainya karena rasanya yang kadang pahit, kamu bisa mengolahnya dengan berbagai bumbu masakan sesuai dengan selera kamu.

Sebuah studi diterbitkan oleh American Society for Microbiology menemukan bahwa meningkatkan asupan serat makanan, akan berdampak sangat besar bagi pencernaan dalam waktu singkat.

Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan wanita untuk mengonsumsi sekitar 25 gram serat per hari dan pria sekitar 38 gram setiap hari. Hal ini guna dapat mencegah efek smaping yang ditimbulkan apabila tubuh kamu kekurangan serat.

Dilansir dari berbagai sumber (06/04/2021), berikut efek samping yang ditimbulkan akibat tubuh kurang makanan berserat.

Baca Juga: Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi agar Tak Menderita Hipertensi, Sudah Tahu Belum?