Jawa Timur adalah salah satu daerah provinsi di Indonesia yang memiliki ragam kekayaan budaya yang melimpah. Berbagai etnis dan suku bangsa turut mendiami wilayah ini dengan berbagai warna dan keunikannya masing-masing.

Jawa Timur juga dikenal sebagai daerah dengan banyak upacara ada yang memiliki keunikan tersendiri. Meski beberapa telah dipengaruhi oleh berbagai budaya dari luar, upacara adat Jawa Timur masih memiliki karakter yang khas dan patut untuk ditelusuri.

Berikut lima upacara adat Jawa Timur yang telah dirangkum dari berbagai sumber, (07/04/2021).

1. Larung Sembonyo 

Larung Sembonyo adalah upacara adat sedekah laut yang telah dilakukan secara turun temurun sejak zaman nenek moyang oleh masyarakat lokal nelayan Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur. Tradisi tersebut merupakan bentuk ungkapan rasa syukur bagi masyarakat setempat atas hasil laut yang melimpah.

Selain itu, upacara Larung Sembonyo juga merupakan bentuk permohonan akan keselamatan masyarakat nelayan Prigi ketika mencari ikan di laut. Kebiasaan ini telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kebudayaan Kota Trenggalek, terutama masyarakat pesisir Pantai Prigi.

Konon, upacara Larung Sembonyo ini lahir dari cerita rakyat mengenai peristiwa gaib ketika seorang Tumenggung dan pasukannya melakukan babat alas atau perluasan wilayah di daerah tersebut. Cerita tersebut juga melahirkan mitos yang berkembang di kalangan masyarakat pesisir Pantai Prigi.