Ada begitu banyak makanan tradisional Jawa Tengah dengan cita rasa beragam. Seperti lainnya, makanan tradisional Jawa Tengah juga menggunakan bumbu rempah dan bahan yang khas. Tak heran, makanan khas Jawa Tengah menjadi salah satu primadona.

Mencari makanan pedas, gurih dan manis? Semuanya bisa kalian dapatkan dalam masakan khas Jawa Tengah. Bahkan, tak sedikit masakan tradisional Jawa Tengah yang memiliki rasa perpaduan semuanya. Makanan berat maupun ringan juga bisa kalian cicipi. Untuk itu, tak afdol rasanya kalian melewatkan kuliner Jawa Tengah saat berkunjung.

Lantas apa saja makanan tradisional Jawa Tengah yang wajib dicoba? Melansir dari berbagai sumber, (08/04/2021) berikut informasinya.

Nasi Liwet

Makanan tradisional Jawa Tengah yang wajib dicoba pertama yakni nasi liwet. Jangan salah, nasi liwet tak hanya bisa ditemukan di Jawa Barat saja loh. Surakarta atau Solo ternyata juga memiliki makanan tradisional nasi liwet.

Makanan berat ini disajikan dengan nasi dan diberi potongan ayam gurih. Tak ketinggalan, nasi potongan ayam ini juga disiram oleh sayur labu siam. Untuk nasinya, cara memasak hampir serupa dengan nasi uduk pada umumnya.

Nasi liwet bisa kalian temukan di Surakarta atau Solo. Tak susah untuk mencarinya. Sebab, nasi liwet biasanya dijual di warung tenda yang berjajar di pinggir jalanan. Meski begitu, jangan ragukan soal rasanya ya.