Cara mengajarkan puasa pada anak sangat dibutuhkan oleh orang tua yang ingin memperkenalkan sejak dini tentang puasa pada anaknya. Memang, anak kecil yang belum memasuki masa puber belum diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadan. Namun, tidak ada salahnya sebagai orangtua untuk mengenalkan puasa Ramadan kepada anak sejak dini.

Cara mengajarkan puasa pada anak sejak dini ini bertujuan agar saat menginjak masa puber dan sudah wajib menjalankan puasa Ramadan, anak sudah bisa menjalankan puasa dengan baik. Memperkenalkan anak pada ibadah puasa bukanlah hal yang mudah. Namun ini merupakan salah satu tanggung jawab sebagai orangtua untuk mengajarkan anak berpuasa secara bertahap dan perlahan.

Melakukan stimulasi pada anak sejak dini penting dilakukan oleh orangtua agar menjadi bekal anak tumbuh dengan karakter positif dalam hal agama.

Berikut ini beberapa cara mengajarkan puasa pada anak yang perlu orang tua pahami seperti dilansir dari berbagai sumber, (08/04/2021).

Menjelaskan Konsep Puasa pada Anak

Walaupun anak mungkin belum mengerti, namun penting bagi orang tua untuk menjelaskan maksud dan manfaat dari puasa Ramadan ini. Moms perlu memastikan bahwa penjelasannya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tanpa menakut-nakuti anak mengenai dosa dan neraka jika tidak menjalankan puasa.