Wanita sedang membawa kantong belanjaannya. (unsplash/freestocks.org)
Berbagai adaptasi dilakukan masyarakat agar bisa bertahan selama pandemi. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh UMKM. Falah Fakhriyah, Head of Category of Development Tokopedia menyebut jika UMKM melakukan banyak adaptasi dengan berpindah ke platform digital.
Hal ini selaras dengan data UNDP dan LPEM FEB UI yang menyebut jika UMKM telah melakukan adaptasi luar biasa selama pandemi. Jumlah UMKM yang beralih ke platform digital meningkat lebih dari 16 persen.
Tokopedia, sebagai salah satu e-commerce besar di Indonesia memberi kesempatan untuk UMKM agar dapat berkembang. Khususnya untuk UMKM lokal, Tokopedia bekerja sama dengan Market & Museum untuk memperluas jangkauan.
"Dengan kerja sama ini diharapkan masyarakat yang masih belum tahu tentang brand lokal, jadi tahu dan tahu kualitas brand-brand lokal," ujar Falah dalam acara yang disiarkan di YouTube Tokopedia (21/04/2021).
Dengan bantuan digitalisasi, diharapkan UMKM dengan brand lokal dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan menunjukkan kualitasnya. Pembeli pun diberi kemudahan untuk berbelanja dan mendukung eksistensi UMKM hasil karya anak bangsa.
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.