Menu

Waspada! 3 Gangguan Metabolisme Ini Berbahaya Bagi Si Kecil, Moms Sudah Periksa?

Rita Puspita Rachmawati
22 April 2021 10:30 WIB
Waspada! 3 Gangguan Metabolisme Ini Berbahaya Bagi Si Kecil, Moms Sudah Periksa?

Bayi. (Unsplash/Jonathan Borba)

HerStory, Bandung —

Moms, pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat bergantung pada asupan nutrisi yang lengkap dan tidur yang cukup.

Selain kedua hal itu, orang tua juga harus memerhatikan kemampuan metabolisme tubuhnya. Jika terdapat gangguan pada metabolisme tubuh, hal ini akan berdampak pada bagaimana tubuh menggunakan semua asupan nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya.

Dilansir dari berbagai sumber, (22/04/2021 gangguan metabolisme merupakan kondisi yang berdampak pada bagaimana tubuh menggunakan makanan (protein, karbohidrat dan lemak) dan mengubahnya menjadi energi. 

Pada kondisi normal, saat bayi mengonsumsi makanan (bisa berupa susu formula, ASI atau pun makanan padat), enzim dalam sistem pencernaan akan memecah makanan tersebut. Hasilnya adalah gula dan asam yang akan dipergunakan tubuh langsung atau sebagai cadangan energi.

Bila bayi mengalami gangguan metabolisme, tubuhnya tak bisa memecah makanan dengan benar. Akibatnya, tubuhnya tak bisa atau justru terlalu banyak mendapatkan zat tertentu (asam amino, fenilalanin, dan gula darah, misalnya).

Ada beberapa gangguan metabolisme pada bayi yang terjadi sejak lahir. Berikut adalah tiga penyakit metabolisme pada bayi.

Halaman: