Kelelahan merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang lemah dan lelah. Kondisi ini berhubungan dengan kelelahan fisik maupun mental. Beberapa faktor yang memicu kelelahan seperti konsumsi alkohol dan kafein serta aktivitas fisik yang berlebihan. Kurang tidur, kurang berolahraga dan pola makan yang gak sehat juga bisa jadi pemicunya.

Dikutip dari berbagai sumber, (04/05/2021) gejala utama kelelahan adalah letih berlebihan, terutama setelah melakukan aktivitas fisik atau mental. Beberapa tanda lainnya seperti sakit otot, tidak semangat, sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, cepat marah, kehilangan nafsu makan, murung dan kekurangan energi.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, lemak, karbohidrat kompleks, serta vitamin dan mineral untuk berfungsi dengan baik. Berikut ini merupakan deretan makanan yang bantu kamu segar dan semangat lagi dengan cepat.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Tak hanya itu, pisang juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin C, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, serat dan karbohidrat.

Cobalah untuk mengonsumsi 1-2 buah pisang setiap hari. Kamu juga bisa menikmati manfaat buah pisang dengan mengolahnya menjadi smoothies.

Baca Juga: Stres dan Lelah dengan Pekerjaan? Ini Cara Mengatasi Burnout Syndrome!