Beauty, buah pepaya kerap sering kali kita ketemui di berbagai tempat. Pepaya adalah jenis tanaman buah yang banyak dipelihara. Pohon pepaya sering sekali kita jumpai di setiap pekarangan rumah warga di Indonesia. Buah pepaya yang enak dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda sampai yang sudah matang, dapat dinikmati sebagai kuliner yang sangat menggugah selera.

Namun, kamu tau enggak ternyata memakan buah pepaya memiliki khasiat atau manfaat yang baikĀ lho untuk kesehatan tubuh. Selain terkenal untuk melancarkan pencernaan, buah pepaya juga bisa mencegah penyakit jantung dan lainnya. Langsung aja yuk, kita intip manfaat buah pepaya yang sudah HerStory rangkum dilansir dariĀ healthline (10/4/2020). Simak terus ulasan berikut ini!

Baca Juga: Yuk! Kenali Gejala Meningitis yang Diderita Glenn Fredly Hingga Akhirnya Tutup Usia

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah pepaya yang pertama adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Mengonsumsi buah pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga bisa menyebabkan flu, batuk dan pilek.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pepaya lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan adanya kandungan serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium diketahui dapat mengurangi efek buruk penyakit jantung. Itulah mengapa penting bahwa kamu memiliki sepotong buah pepaya tiap harinya.

Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, itu bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau strok. Nah, manfaat buah pepaya untuk kesehatan bisa mencegah pembekuan darah. Hal ini karena pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah.

Baca Juga: Katanya Kunyah Daun Sirih Bisa Cegah Virus Corona? Ternyata Ini Lho Khasiatnya!

Mengurangi peradangan

Manfaat buah pepaya untuk mengurangi peradangan. Pasalnya, pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema.

Menyehatkan tulang

Dengan mengonsumsi buah pepaya bisa mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

Baca Juga: Minum Susu Kunyit Bisa Tangkal Virus Corona? Ternyata Ini Lho Manfaatnya!

Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 33 persen lebih banyak dibanding buah jeruk. Hal ini menjadikan manfaat buah pepaya bisa diandalkan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, khasiat buah pepaya lainnya juga bisa menguatkan kekebalan tubuh.