Menu

Penting! Ini Posisi Tubuh yang Tepat Saat Jalani WFH Agar Terhindar dari Sakit Leher dan Punggung!

Tasha Rainita
15 April 2020 17:00 WIB
Penting! Ini Posisi Tubuh yang Tepat Saat Jalani WFH Agar Terhindar dari Sakit Leher dan Punggung!

Ilustrasi Work From Home (WFH). (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Saat ini, pemerintah mengimbau untuk melakukan segala kegiatan di rumah. Entah itu kegiatan belajar mengajar atau aktivitas bekerja yang harus dilakukan dari rumah. Hal tersebut diimbau sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia. Nah, selama kamu harus belajar atau bekerja dari rumah, jangan sampai kamu mengalami sakit pada bagian leher ataupun punggung, ya! Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Belajar atau bekerja dari rumah memang enggak sama seperti di sekolah ataupun di kantor. Saat harus melakukan segala kegiatan di rumah, pasti kamu belajar dan bekerja di tempat tidur kan? Bener enggak nih? Atau kamu seringkali mengerjakannya sambil tidur di atas tempat tidur? Atau kamu terlalu sering membungkuk saat berada di depan laptop?

Baca Juga: WFH Buat Kamu Duduk Terlalu Lama? Waspada! Bisa Picu Kematian Dini

Nah, dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa terus melihat ke bawah untuk menatap gadget setara dengan menempatkan beban seberan 60 pon atau sekitar 27 kilogram pada tulang belakang. Wah, bahaya banget kan kalau sering menatap gadget!

Agar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Work From Home (WFH) kamu tetap nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan pada leher ataupun punggung, HerStory punya cara untuk mengatasinya! Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Berdiri

Beauty, saat kamu dalam posisi berdiri, jangan pernah tempatkan ponsel sejajar dengan perut karena pasti kamu akan cenderung lebih membungkukkan kepala dan leher. Bahaya kan kalau kamu terus-menerus menatap posel seperti itu. Sebaiknya, posisi ponsel berada di depan dada agar kepala dan leher kamu enggak terlalu membungkuk.

2. Duduk

Kamu pasti sering duduk sambil memangku laptop, ya, Beauty? Jangan dibiasakan ya karena itu berbahaya untuk kesehatan kamu. Saat posisi laptop dipangkuan kamu, leher akan menekuk untuk menunduk. Sebaiknya, kamu duduk di kursi dengan posisi yang nyaman, lalu letakkan laptop di meja. Selamat bekerja!

Baca Juga: Biar Makin Melek, WFH Ditemani Macaroni Ngehe! Begini Cara Buatnya 

3. Tiduran

Nah, belajar dan bekerja sambil tidur di atas tempat tidur sepertinya sudah menjadi rutinitas ya? Kalau kamu menggunakan gadget sejenis tablet, sebaiknya kamu dalam posisi berbaring miring. Itu lebih baik karena kamu enggak perlu menunduk dengan waktu yang lama.

Beauty, itulah posisi-posisi yang sering dilakukan di rumah saat menjalani PJJ dan WFH. Yuk, ubah posisi kamu agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Semoga bermanfaat!