Menu

Sering Alami Keputihan? Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

16 April 2020 15:00 WIB
Sering Alami Keputihan? Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Ilustrasi keputihan pada wanita (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu sering mengalami keputihan? Keputihan merupakan gangguan kesehatan yang seringkali dialami oleh para wanita. Nah, agar mencegah terjadinya keputihan, kamu harus selalu menjaga kebersihan vagina. Sebenarnya, keluarnya cairan lendir dari dalam vagina setiap hari termasuk normal dan sehat. Mengapa disebut normal?

Nah, keluarnya cairan lendir adalah suatu proses vagina menjaga kebersihan sekaligus sebagai cara mencegah keputihan yang enggak normal. Kamu tahu enggak sih seperti apa keputihan yang normal dan enggak normal? Normalnya, cairan lendir berwarna bening atau putih susu, dan enggak berbau busuk.

Untuk cairan lendir yang enggak normal, biasanya seperti jumlah lendir yang lebih banyak dari biasanya, warna serta bau yang berubah, gatal-gatal, dan lendir yang mengandung darah. Kalau kamu mengalami keputihan yang enggak normal, kamu bisa langsung periksakan ke dokter agar diberi penanganan yang tepat.

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu

Lalu, bagaimana cara mencegah keputihan supaya enggak datang lagi? Yuk, simak baik-baik, ya!

Perhatikan bahan celana dalam

Beauty, usahakan untuk selalu menggunakan celana dalam yang berbahan lembut, seperti bahan katus. Nah, kamu bisa coba cara ini untuk mencegah datangnya keputihan!

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Menyeka vagina dengan benar

Jangan lupa untuk selalu membersihkan vagina setelah tiap kali buang air kecil maupun besar. Nah, caranya adalah dengan menyeka vagina dari arah depan ke belakang. Kalau kamu menyeka dari bagian belakang ke depan, itu bisa menyebabkan bakteri dari anus berpindah ke vagina, sehingga muncul keputihan.

Baca Juga: Gatal di Area Miss V Saat Menstruasi? Bisa jadi Kamu Alergi Pembalut, Beauty!

Perhatikan produk yang digunakan

Nah, pasti kamu menggunakan produk-produk untuk membersihkan vagina, ya? Ingat, hindari produk-produk yang dapat menimbulkan iritasi pada vagina. Kalau saat menggunakan produk tersebut kamu mengalami keputihan abnormal, hentikan pemakaiannya, ya, Beauty!

Hindari memakai celana ketat

Memakai celana ketat dengan jangka waktu yang lama, enggak baik untuk vagina kamu. Jangan sering-sering menggunakan pakaian yang terlalu ketat, ya.

Jangan menggaruk vagina

Beauty, kamu sering merasa gatal di bagian vagina? Nah, hindari menggaruk vagina jika terasa gatal. Kebiasaan ini bisa menimbulkan iritasi dan luka. Selain itu, keputihan yang enggak normal juga bisa terjadi.

Baca Juga: PakSu 'Ngamuk' Karena Moms Keputihan? Jangan Sedih Dulu, Obati dengan Bahan Ini Deh! Dijamin Auto Keset Lagi

Baca Juga: Waspada! Yuk Kenali Warna Keputihan yang Berbahaya, Jangan Disepelekan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita