Moms, enggak hanya orang dewasa saja yang punya masalah dan stres, tapi anak-anak juga bisa merasakan hal yang sama. Namun, kasus stres atau depresi anak berbeda.

Dr Perri Klass menunjukkan fakta penting soal kesehatan mental anak. Anak usia 6-12 tahun bisa mengalami depresi sebanyak 2-3 persen. Sementara itu, anak usia tiga tahun bisa mengalami depresi sebanyak 1-2 persen. Untuk anak usia 3-7 tahun mengalami gangguan kecemasan lebih dari 7 persen.

Melansir dari berbagai sumber (28/6/2021), berikut ini beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan mental anak. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Pahami perilaku anak

Sebagai orangtua, penting untuk mengetahui dan memahami perilaku anak-anak. Namun, orangtua juga enggak boleh langsung menafsirkan ekspresi wajah anak.

"Jika kamu melihat seorang anak membuat wajah tertentu sebagai respons terhadap situasi yang membuat stres, daripada mengatakan, 'Oh, jangan frustrasi,' sebaiknya kamu mengatakan, 'Wajahmu terlihat kesal. Ada apa? Apa yang sedang terjadi,'" kata Rachel Busman, seorang psikolog klinis.

Baca Juga: Bukannya Nurut, Ini Dampak Buruk dari Mengancam Anak Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas