Demi tercapainya keluarga bahagia, hubungan antara orang tua dan anak harus terjalin dengan baik. Salah satu cara untuk menjalin hubungan yang baik antara orang tua dan anak adalah dengan memberikan pelukan.

Mungkin banyak yang masih belum sadar bahwa memeluk anak bisa memberikan efek yang signifikan terutama untuk pertumbuhan psikologisnya. Saat sedih atau kecewa, pelukan hangat dapat meringankan sebagian rasa sakit. Saat bahagia, tentu ingin berbagi kebahagiaan dengan memberi pelukan pada orang lain.

Ternyata ada alasan ilmiah penting mengapa pelukan baik untuk oranng tua dan anak. Pelukan selama kurang lebih 20 detik dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih pintar, lebih sehat, lebih bahagia, lebih tahan banting, dan lebih dekat dengan orang tua, berikut uraiannya:

1. Pelukan Membantu Anak Tumbuh Lebih Cerdas

Sentuhan manusia sangat penting untuk pertumbuhan otak. Seorang anak kecil membutuhkan banyak stimulasi sensorik yang berbeda untuk perkembangan normal. Kontak kulit atau sentuhan fisik seperti berpelukan, merupakan salah satu rangsangan terpenting yang diperlukan untuk menumbuhkan otak yang sehat dan tubuh yang kuat.

Ketika anak kurang pelukan, mereka akan sering menghadapi banyak masalah termasuk gangguan perkembangan kognitif dan perkembangan keterampilan motorik yang tertunda.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Orang Tua Sering Membentak Anak, Efeknya Mengerikan...

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas