Vitamin dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh seseorang. Apalagi di situasi pandemi seperti saat ini, banyak orang yang mengonsumsi vitamin dalam jumlah berlebihan.

Konsumsi vitamin terlalu berlebihan justru enggak akan berdampak baik bagi kesehatan. Ada beberapa dampak buruk yang akan muncul kalau kamu konsumsi vitamin terlalu banyak.

Melansir dari berbagai sumber (15/7/2021), berikut ini beberapa efek samping yang berbahaya untuk kesehatan kalau kamu konsumsi vitamin berlebihan. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Mengganggu kerja organ tubuh

Kalau kamu mengonsumsi vitamin berlebihan justru enggak baik dan mengganggu kerja organ tubuh. Contohnya, kalau terlalu banyak konsumsi vitamin A bisa menyebabkan kerusakan hati dan koordinasi otot yang buruk. 

Jadi, kalau vitamin yang enggak dibutuhkan oleh tubuh enggak bisa dikeluarkan, maka akan menjadi residu dan mengganggu sistem kerja ginjal. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas