Mengawali kariernya sebagai model, Luna Maya kini mulai menjajaki bidang bisnis. Wanita cantik ini memiliki beberapa bisnis, mulai dari pakaian, makanan, hingga make up.

Kendati demikian, ia mengaku enggak memiliki ilmu di bidang itu. Baginya semua usaha yang dilakukan mulai dari perencanaan hingga sukses itulah yang menjadi pelajaran. Meski begitu, usaha yang dijalani enggak luput dari kegagalan.

"Usahaku yang gagal banyak. Diawali dengan salah pilih partner. Jadi saat itu 2007 investasi yang bisa saya berikan adalah memberikan nama. Saya partner mengeluarkan clothing brand. Tapi saya tuh selalu penasaran bagaimana sih memulai bisnis dari 0. Saya pengennya tuh terjun langsung tapi sama partner saya tuh gak dikasih. Dan itu adalah kesalahan fatal saya. Karena saya gak tau apa2 ya makanya saya stop," ucapnya di acara Indonesia Millenial Summit (17/1/2020).

Atas kegagalan itu, Luna kini lebih berhati-hati dalam memilih partner usaha.

"Sejujurnya aku enggak bisa kerja sendiri dibidang ini. Bukannya enggak mau mengasah kemampuan, tapi lebih enak ada temen mikir juga. Tapi pilih partner harus punya value yang sama. Harus bisa ngasih value ke company jangan asal ikut-ikutan. Hati-hati dalam memilih partner," tegasnya.

Baca Juga: Terbongkar! Luna Maya Ternyata Punya 32 Kriteria Pasangan

Selain berhati-hati dalam memilih partner menjalani usahanya, kali ini ia akan terjung langsung ke lapangan mulai dari produksi hingga rilis.

"Akhirnya sama memutuskan untuk terjun langsung sendiri. Pertama kali bener-bener blank, enggak punya pengetahuan apa-apa," tutur Luna.

Wanita kelahiran 1983 itu menambahkan, "Setelah itu mempersiapkan timnya. Tentu butuh bisnis plan. Karena itu butuh biaya besar cari partner yang bisa biayai setengahnya, tergantung deal ajasih. Akhirnya aku tau step by step apa yang harus dilakukan. Jadi kalo apa-ala tau gitu jadi ga diboongin."

Hal itu ia lakukan juga di bisnis make upnya, Nama Beauty. Banyak orang mengira, Luna hanya menaruh namanya di merk tersebut, pada kenyataannya justru ia yang mempelajari semua aspek di produk itu baru ditawarkan kepada investor.

"Ketika aku bikin Nama Beauty, orang tuh banyak yang nanya itu partner lu siapa, lu cuma numpang nama doang ya. Justru aku udah bikin produknya, baru nawarin ke orang-orang nih lu mau launchingin enggak," tegasnya.

Baca Juga: Intip Bisnis Medina Zein yang Terjerat Kasus Narkoba

Luna berpesan jangan jadi pribadi yang takut akan kegagalan. Banyak mencoba hal-hal baru yang siapa tau itu bisa menjadi potensi diri. 

"Bisnis dari nol jangan takut, gagal juga jangan takut. Intinya sih mau susah dulu. Dan toh kalopun gagal jadi ditelaah gitu salahnya dimana apakah di marketing atau di produksi," tutup Luna.