Menu

Kolesterol Tinggi Ancam Bahaya pada Anak, Cek Penyebab Hingga Cara Atasinya Ya Moms!

20 Agustus 2021 09:40 WIB
Kolesterol Tinggi Ancam Bahaya pada Anak, Cek Penyebab Hingga Cara Atasinya Ya Moms!

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (Pinterest/Edited by herstory)

HerStory, Bogor —

Kebanyakan orang mengira masalah kolesterol hanya menimpa orang dewasa saja. Namun seperti dikutip dari KidsHealth.org, kolesterol tinggi pada anak juga bisa terjadi, Moms.

Adapun, beberapa faktor yang dapat memicu penyakit ini pada anak antara lain, pola makan tak sehat, terutama yang tinggi akan lemak jenuh dan lemak trans, faktor keturunan dari orang tua atau kerabat dekat, dan obesitas akibat pola makan tidak sehat dan gaya hidup tidak aktif.

Selain faktor keturunan, tanpa Moms sadari, hal-hal sepele seperti membatasi gerak anak dan terlalu protektif; sembarangan memberi camilan; kelebihan memberikan susu, telur, serta hasil olahannya; serta terlalu sering menyajikan makanan hasil digoreng, adalah pemicu kolesterol tinggi pada anak, lho Moms.

Nah, jika kadar kolesterol anak tak dijaga, jangan kaget, maka anak akan memiliki resiko lebih besar mengalami berbagai masalah kesehatan serius, seperti jantung koroner, angina atau rasa sakit di dada akibat berkurangnya aliran darah ke otot jantung, penyakit ginjal kronis, dan lainnya. Duh, amit-amit, ya Moms!

Yang mengejutkan juga pada sebagian kasus, berbagai tanda penyakit di atas sudah mulai terlihat saat anak memasuki usia remaja lho, Moms.

Baca Juga: Gawat! Bayi Sering Dicium Rentan Terkena Infeksi, Bunda Harus Waspada!

Baca Juga: Dear Bunda! Lakukan Cara Ini Saat Anak Memasuki Usia Golden Age

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.