Menu

Kenapa Anak Bisa Alami Alergi Susu Sapi? Simak Penjelasan Dokter Ini Yuk Moms!

Riana Agustian
25 Agustus 2021 15:00 WIB
Kenapa Anak Bisa Alami Alergi Susu Sapi? Simak Penjelasan Dokter Ini Yuk Moms!

Ilustrasi alergi pada anak (iStock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, pernahkah kamu mendapati si kecil mengalami diare kemudian muncul bintik-bintik merah setelah diberi susu sapi? Jika pernah, sebaiknya Moms tak perlu memberikan lagi susu sapi ke anak ya, karena ini adalah tanda bahwa anak memiliki alergi terhadap susu sapi. 

Menurut Dokter Spesialis Anak dari RS MMC, Jakarta, dr. Cindy Diana Christie, Sp.A, umumnya alergi susu sapi ini akan terjadi pada anak di bawah 1 tahun dan biasanya nanti berkurang seiring bertambahnya usia. Dan, 30-40% itu manifestasinya juga berupa eksim di daerah kulit.

dr Cindy pun mengatakan, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan anak rentan mengalami kondisi alergi susu, seperti memiliki alergi terhadap kondisi lain, memiliki riwayat dermatitis atopik, usia yang masih terlalu dini, hingga riwayat keluarga dengan kondisi alergi susu.

“Jadi alergi susu sapi itu diakibatkan oleh protein yang terkandung dalam susu sendiri. Gejalanya macam-macam, paling seirng itu adalah di saluran cerna, yaitu diare, kemudian muntah, kemudian tidak bisa BAB. Juga kemudian pada kulit paling sering itu dermatitis atopik atau eksim ya. Bisa juga terjadi biduran. Kemudian pada saluran nafas biasanya muncul sesak atau rhinitis alergi sampai bisa terjadi reaksi alergi berat atau yang kita kenal dengan anafilaksis,” tutur dr Cindy, saat menjadi pembicara dalam webinar ‘Mengenal Berbagai Alergi yang Sering Timbul pada Anak’, sebagaimana dipantau HerStory, Rabu (25/8/2021).

dr Cindy menuturkan, gejala pada alergi susu sapi yang paling sering dikhawatirkan orang tua itu adalah kolik. Jadi biasanya si anak akan mengangis lama, rewel, perutnya tampak kembung dan tidak nyaman.