Menu

Waspada Asma pada Si Kecil, Moms! Ini Faktor Pencetus dan Cara Mencegahnya

Riana Agustian
25 Agustus 2021 16:25 WIB
Waspada Asma pada Si Kecil, Moms! Ini Faktor Pencetus dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi anak menderita asma dan diberi tindakan inhalasi nebulisasi (HerStory/Riana)

HerStory, Bogor —

Moms, apakah si kecil menderita asma? Asma merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita anak-anak di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Menurut Dokter Spesialis Anak dari RS MMC, Jakarta, dr. Cindy Diana Christie, Sp.A, asma merupakan salah satu gejala alergi yang biasanya menyerang anak.

“Asma ini adalah penyakit alergi yang merupakan penyakit saluran pernafasan dengan dasar peradangan kronis yang menyebabkan penyempitan saluran nafas. Gejala yang kerap terjadi adalah batuk berulang, sesak, dan nafas anak cepat,” tutur dr Cindy, saat menjadi pembicara dalam webinar ‘Mengenal Berbagai Alergi yang Sering Timbul pada Anak’, sebagaimana dipantau HerStory, Rabu (25/8/2021).

Lebih jauh, dr Cindy menekankan bahwa tak semua batuk dan sesak disebabkan oleh asma, ya Moms. Karena terkadang terlalu banyak juga manifestasi batuk ataupun sesak yang dilabel dengan asma, jadi jangan lantas menganggap bahwa semuanya adalah serangan asma. Hal ini dapat menyebabkan penggunaan obat asma yang tidak tepat untuk mengobati kondisi yang bukan asma.

“Kita harus tahu dulu asma ini gejalanya apa. Biasanya, sesak nafas, mengi, batuk berulang, dan nyeri pada dada atau dada seperti tertekan. Dan gejalanya ini kronis, berulang, sering memberat pada malam hari, dan timbulnya jika ada pencetus. Dikatakan asma jika gejalanya membaik setelah diberikan obat-obatan misalnya nebulisasi (terapi uap),” beber dr Cindy.