Menu

Sebaiknya Berapa Buah Pisang yang Baik untuk Dikonsumsi dalam Sehari?

30 April 2020 20:20 WIB
Sebaiknya Berapa Buah Pisang yang Baik untuk Dikonsumsi dalam Sehari?

Buah Pisang (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah ditemui. Bukan cuma mudah ditemui, tetapi rasa pisang juga manis dan teksturnya mudah untuk dikonsumsi. Maka dari itu sudah enggak heran lagi kalau buah pisang jadi kesukaan banyak orang.

Sebenarnya berapa banyak yang harus dikonsumsi setiap hari? Jika kamu pecinta pisang, pasti pertanyaan ini muncul dibenakmu. Enggak perlu bingung lagi deh. Ini jawaban yang sudah HerStory rangkum dari beberapa sumber.

Menurut Pusat Data Pangan Departemen Pertanian di Amerika Serikat, satu pisang segar berukuran sedang dengan berat 118 gram berjumlah 105 kalori, 27 gram karbohidrat, tiga gram serat, 0,3 gram lemak, dan satu gram protein. Ini juga mengandung 17 persen vitamin C, 12 persen vitamin B6, 12 persen kalium, 16 persen mangan, dan 18 persen magnesium dari Nilai Harian (DV).

Baca Juga: Makan Buah Pisang Bisa Tangkal Virus Corona, Benar Enggak Sih?

Meskipun pisang mengandung lemak dan protein, porsinya enggak mencukupi dari asupan nutrisi penting yang direkomendasikan setiap hari. Perlu diketahui bahwa buah pisang memiliki kalori yang sangat rendah. Tetapi, jika kamu mengonsumsi buah pisang lebih dari asupan harian yang disarankan, itu akan menambah berat badan.

Menurut Science Direct, kandungan pati dalam pisang hijau mentah berubah menjadi gula ketika buah matang. Karenanya, kalori yang kamu makan dari pisang matang bersumber dari gula. Konsumsi pisang berlebihan membuat tubuh lebih sulit mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Menelik Manfaat Lain dari Buah Pisang, Bisa Menurunkan Berat Badan Lho!

Bagi yang menderita kondisi gula seperti prediabetes dan diabetes enggak disarankan untuk mengkonsumsi pisang yang terlalu banyak. Kondisi ini mengharuskan pasien untuk mengatur kondisi gula darah mereka untuk mencegah penyakit berkembang menjadi kondisi yang mengancam jiwa seperti stroke, penyakit jantung dan bahkan kematian.

Asupan harian yang direkomendasikan untuk pisang adalah 1-3 porsi sedang per hari. Ini dianggap asupan moderat bagi kebanyakan orang sehat. Namun, kamu bisa makan pisang sebanyak yang kamu inginkan asalkan sebelumnya enggak mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Baca Juga: Beauty Merapat! Sarapan dengan Pisang Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan Lho, Benar Enggak Ya?

Baca Juga: Kulit Mulus Bukan Lagi Mimpi! Cukup dengan Pisang, Jerawat dan Kulit Kusam Langsung Terhempas! Kok Bisa?!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana