Digitalisasi saat ini semakin maju dan meluas. Melihat hal tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bagian yang erat dari masyarakat terus berupaya melahirkan talenta-talenta baru di dunia digital Indonesia, melalui program BCA SYNRGY Academy.

Program BCA SYNRGY Academy Batch 2 sudah dimulai sejak Januari 2021. Beberapa waktu lalum rangkaian acaranya telah resmi berakhir dan berhasil melahirkan 48 siswa-siswi yang siap berkarier di dunia digital. Siswa yang berhasil lulus dari pilihan kelas masing-masing, antara lain kelas Android Engineering, Backend Engineering, Frontend Engineering, Quality Assurance, dan UI/UX Design.

Di akhir perjalanan mereka, siswa-siswi SYNRGY Academy Batch 2 mempresentasikan proyek akhir yang merupakan hasil dari kerjasama tim. Mengusung tema “Gamification in Banking: How Banks Make Their Apps Engaging”, siswa-siswi mendapatkan tugas untuk membuat prototipe aplikasi perbankan yang mampu menarik perhatian pengguna tanpa menghilangkan esensinya.

“Kami mengapresiasi semangat siswa-siswi yang tetap konsisten kelas untuk menggali ilmu sejauh mungkin. Konsep gamification yang ada di dalam platform banking itu sangat minim atau challenging untuk bisa dimasukkan interaksi sosial. Tapi, konsep gaming dilakukan untuk membuat showcase atau achievement yang bisa ditunjukkan (menjadi daya tarik) ke teman-teman, ke komunitas atau siapa pun itu kenalan kita di media sosial,” terang Vice President IT BCA Yohanes Andiyanto melalui keterangan tertulisnya, Selasa (31/08/2021).

Baca Juga: Keren! Di Tengah Pandemi Covid-19, BCA Mampu Pertahankan Kinerja yang Solid

Prototipe aplikasi masing-masing tim dipresentasikan di acara Final Showcase yang diadakan pada Juli 2021. Pada kesempatan tersebut, terdapat tiga aplikasi dengan nama Beasy (Banking Can Be Easy), Jalin (Be Pleasure to Your Bankin’) dan Monola (Buat Pengalaman Banking-mu Mudah dan Seru!). Melalui presentasi tersebut dapat terlihat bahwa masing-masing aplikasi memiliki fitur, aspek, dan keunikannya sendiri. Namun, ketiganya sama-sama menekankan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi.