Pandemi virus corona Covid-19 menjadi situasi yang cukup berat untuk semua orang, termasuk anak-anak. Bahkan, beberapa penelitian mengatakan kalau pandemic berpengaruh pada kesehatan mental anak.

Anak yang sehat mental bukan berarti hidupnya selalu cerita dan bahagia, tapi justru dia bisa mengatasi suatu hal yang terjadi, menjalani hari dengan produktif, dan tahu langkah-langkah yang harus dilakukan saat sesuatu enggak sesuai dengan ekspektasi.

Lantas, bagaimana caranya orangtua bisa melindungi anak supaya tetap memiliki mental yang sehat, terutama di masa pandemi?

Psikolog anak, Yasmine Nur Edwina mengatakan bahwa ada empat kebutuhan dasar psikologis anak, yaitu rasa aman dan kehangatan dari orangtua, adanya aturan dan batasan yang jelas, kesempatan untuk berkembang, dan berinteraksi dengan menyenangkan dan berkualitas.

Lebih lanjut, Yasmine Nur Edwina memaparkan kepada HerStory beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan di rumah untuk menjaga kesehatan mental anak. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Memenuhi kebutuhan dasar anak

Orangtua bisa berupaya menjaga kesehatan mental anak dengan memenuhi kebutuhan dasarnya secara fisik, seperti konsumsi makanan yang bernutrisi dan memberikan kebutuhan tidur yang cukup.

“Orangtua perlu memenuhi kebutuhan dasar anak secara fisik, seperti makan yang bernutrisi karena makanan yang bernutrisi bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan juga mental. Kemudian, memberikan anak kebutuhan tidur yang cukup,” ujar Yasmine.

Baca Juga: Penting untuk Jaga Kesehatan Mental Anak, Catat 3 Cara yang Bisa Moms Lakukan untuk Bangun Suasana Positif di Rumah!