Menu

4 Jenis Makanan untuk Sarapan Ini Ampuh Atasi Masalah Pencernaan, Bye-bye Sembelit...

14 September 2021 05:45 WIB
4 Jenis Makanan untuk Sarapan Ini Ampuh Atasi Masalah Pencernaan, Bye-bye Sembelit...

Oatmeal apel kismis (foolproofliving.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang terbiasa sarapan dengan makanan apa saja. Sarapan itu memang penting karena baik untuk tubuh, terutama dalam membantu melancarkan pencernaan. Alih-alih terbiasa sarapan dengan menu apapun, kebiasaan ini bisa menggangu sistem pencernaan tubuh lho. Ujung-ujungnya, bikin buang air besar (BAB) enggak lancar deh....

Selain bikin perut terasa enggak nyaman, BAB atau yang dikenal dengan sembelit ini bisa menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. Mulai dari perut kembung, wasir, hernia, rahim bermasalah, gagal ginjal, hingga radang usus. Duhngeri banget enggak sih?

Nah, buat Beauty yang mengalami masalah gangguan pencernaan atau sulit BAB, ada jenis makanan yang bisa kamu santap saat sarapan. Jenis makanan ini memiliki nutrisi tertentu yang dapat membantumu mengatasi gangguan pencernaan.

Penasaran jenis makanan apa saja yang dimaksud? Merangkum dari berbagai sumber, berikut empat di antaranya:

Oatmeal

Oatmeal menjadi jenis sumber serat yang dapat mencegah mostipasi atau BAB. Oatmeal terbagi menjadi dua jenis, serat larut air dan enggak larut air.

Serat larut air akan menyerap air sehingga feses menjadi besar, lunak, dan mudah dikeluarkan. Sementara itu, oatmeal dengan jenis serat enggak larut bergerak cepat melalui saluran pencernaan sehingga mampu mencegah sembelit.

Mengolah oatmeal saat sarapan enggak membutuhkan banyak waktu, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan segar atau madu manis agar lebih menggiurkan.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Sekarang, Duduk dengan Cara yang Salah saat BAB Ternyata Bisa Picu Kanker Usus! Duh...

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Kunyit, Menu Sarapan yang Menggugah Selera

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: