Kolesterol bukanlah hal yang buruk. Tubuh kita membutuhkan kadar kolesterol yang cukup untuk berfungsi secara normal.

Namun, kolesterol ini akan menjadi berbahaya ketika bagian LDL dari kolesterol total meningkat. Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat selalu menjadi penyebab penyakit jantung. Seperti namanya, kolesterol jahat memang buruk bagi kesehatan jantung Anda.

Genetika memainkan peran penting dalam menentukan kandungan lipid dalam tubuh Anda. Namun, pada saat yang sama, gaya hidup dan pola makan Anda juga berperan penting dalam meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol jahat dapat menyebabkan pembentukan plak di dinding arteri koroner Anda. Jika tak dikendalikan secara tepat, hal ini akan meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke.

Oleh sebab itu, Anda juga harus meningkatkan asupan makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan kadar LDL. Dilansir dari laman Boldsky (15/9/2021) berikut ini beberapa makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL:

Bawang putih

Tingginya kandungan senyawa belerang yang disebut allicin dalam bawang putih mentah sangat efektif dalam menurunkan kolesterol jahat. Mengunyah satu atau dua siung bawang putih setiap hari akan sangat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Anda bisa menggunakan bawang putih seperti itu atau sebagai bumbu dalam salad, sup, atau roti.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, Inilah Sederet Manfaat Teh Pare yang Harus Kamu Coba!